Menu

Kabar Buruk! Ahli Prediksi Gelombang 3 Covid-19 di Indonesia Bakal Lebih Parah, Begini Penjelasannya...

Tasha Rainita
18 November 2021 19:30 WIB
Kabar Buruk! Ahli Prediksi Gelombang 3 Covid-19 di Indonesia Bakal Lebih Parah, Begini Penjelasannya...

Ilustrasi virus corona. (Pixabay/Gerd Altmann)

HerStory, Jakarta —

Menjelang hari Natal dan Tahun Baru, kasus virus corona Covid-19 diprediksi akan kembali naik. Makanya, masyarakat harus bersiap dan berhati-hati.

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, potensi terjadinya gelombang 3 di Indonesia tergolong besar.

Meski begitu, jumlah kasus diprediksi enggak akan lebih banyak dari gelombang pertama. Kondisi bisa diperparah dengan jumlah mobilitas yang tinggi menjelang akhir tahun.

Prediksi adanya peningkatan mobilitas saat berlibur tak diiringi dengan kepatuhan menerapkan prokes. Natal dan Tahun Baru kerap menimbulkan kenaikan kasus pada Januari.

“Nah ini yang harus hati-hati, berkerumun. Mobilitas, boleh ke mana-mana asal enggak berkerumun,” kata Tri.

Enggak hanya itu, dia menuturkan faktor lainnya yang dapat memengaruhi lonjakan kasus yakni relaksasi PPKM yang terkesan terburu-buru sehingga membuat mobilitas masyarakat meningkat signifikan.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Share Artikel: