Menu

Waduh! Wanita yang Senang Menyendiri Cenderung Miliki Umur yang Pendek, Ini Studinya

Nada Saffana
22 November 2021 15:00 WIB
Waduh! Wanita yang Senang Menyendiri Cenderung Miliki Umur yang Pendek, Ini Studinya

Ilustrasi seseorang sedang menyendiri. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Secara lahiriah wanita memang cenderung memiliki sifat yang aktif berbicara atau ceriwis. Namun, tak sedikit wanita yang justru pendiam atau introvert. Rupanya tipe wanita jenis ini mudah terserang penyakit ketimbang wanita extrovert sehingga dikatakan akan lebih berumur pendek.

Penelitian yang dilakukan beberapa dekade belakangan menunjukkan hubungan tipe wanita tertutup dengan sejumlah resiko kesehatan seperti iritasi usus besar, depresi hingga risiko kematian lebih tinggi.

Dilansir dari Vice US, dari hasil penelitian yang diperoleh pada responden perempuan yang sudah menikah mengungkapkan, angka kematian perempuan pendiam empat kali lebih tinggi ketimbang mereka yang lebih ekspresif.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di departemen Psikiatri Universitas Pittsburgh menunjukkan, orang yang enggan mengeluarkan unek-unek cenderung punya penumpukan plak di arteri. Akibatnya, risiko stroke atau masalah kardiovaskular lain otomatis meningkat.

Penulis studi menegaskan, bagi para perempuan, terutama yang menjalin hubungan dengan orang lain, memprioritaskan diri sendiri dan berkomunikasi secara terbuka, serta efektif nyatanya dapat memiliki peluang hidup lebih panjang.

Tinggal cari metode paling tepat untuk menyampaikan gagasan tersebut supaya bisa berujung solusi, diskusi, bahkan sekadar sesi mendengarkan untuk melepas penat.

Bila diperlukan, Anda selalu mencari ruang aman dengan bercerita pada orang yang dipercaya, bahkan tenaga profesional.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Share Artikel: