Menu

Dampak Membiarkan Gigi Anak dengan Karies Alih-alih Bakalan Bagus Ketika Dewasa Nanti, Gak Usah Berharap Deh Moms!

Shilvia Restu Dwicahyani
22 November 2021 15:15 WIB
Dampak Membiarkan Gigi Anak dengan Karies Alih-alih Bakalan Bagus Ketika Dewasa Nanti, Gak Usah Berharap Deh Moms!

Ilustrasi karies atau gigi berlubang pada anak yang sering diabaikan orang tua. (Freepik/victoriafly)

HerStory, Sukabumi —

Mungkin masih ada sebagian Moms yang beranggapan kondisi gigi si kecil yang berlubang kelak akan bagus ketika ia sudah dewasa nanti. Lantaran bakalan copot dan terganti dengan gigi baru. 

Sayangnya, hal tersebut hanyalah khayalan semata apabila Moms enggak memperhatikan kesehatan giginya dengan rutin menyikat gigi dan memeriksakannya ke dokter gigi

Risiko yang Muncul Akibat Tak Menyikat Gigi

Bukan cuma gigi berlubang, disampaikan drg. Cut Gusti Ayu bahwa membiarkan anak jarang menyikat gigi juga bisa berdampak pada karang gigi sampai abses. Meski anak hanya mengonsumsi ASI dan MPASI. 

"Tetap bisa terbentuk dari sisa-sisa makanan. Dari sisa-sisa makanan itu terus mengakumulasi di dalam rongga mulutnya. Anak tidak sikat gigi, yang namanya plak itu terbentuk 1x24 jam," tutur drg. Ayu saat dihubungi HerStory.id. 

Sehingga apabila jarang bahkan tak menyikat gigi otomatis akan ada debris pada celah giginya. Debris pada anak bisa dilihat dari munculnya kuning-kuning pada permukaan gigi. 

Ada juga abses yang bisa diderita anak gegara menyepelekan lubang giginya. Abses gigi merupakan terbentuknya benjolan yang berisi nanah karena infeksi bakteri. 

Drg. Ayu mengatakan abses gigi tersebut bisa berujung pembengkakan pada wajah, "Nanah, timbul jerawat kecil di gusi, dari jerawat kecil itu bisa menyebabkan bengkak ke seluruh muka."

Halaman: