30 Mei menjadi hari spesial bagi salah satu member Girls Generation , Im Yoon-ah alias YoonA SNSD. Ya, di 30 Mei 2020 ini, Yoona merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Memasuki usia kepala tiga dan menjadi salah satu aktris Korea ternama, bukanlah impian yang ia dapatkan secara cuma-cuma. Tentu, dibalik kesuksesannya saat ini tersimpan lika-liku perjuangan yang ia harus lewati demi mencapai impiannya tersebut.

Di usia yang masih belia, YoonA harus menerima kisah pelik yang menimpanya dan keluarga. Kala itu, ia dan sang kakak harus menerima perceraian kedua orang tuanya. Ia bersama sang kakak yang usianya lima tahun lebih tua darinya harus ikut dibawah asuhan sang ayah dan terpisah dengan sang ibu.

Baca Juga: Heboh!! Gaya Rambut Baru Yoona SNSD Bikin Heboh, Begini Tampilannya!

YoonA kecil dikaruniai segudang bakat dalam dirinya. Di usia mudanya, ia mengikuti audisi di SM Saturday Open Casting Audition dan bergabung ke dalam SM Entertainment pada 2002 setelah Jessica Jung. Di sana, YoonA mulai berlatih dalam bidang akting, menari, dan juga menyanyi bersama peserta lainnya.

Debut pertama YoonA

YoonA sudah mulai dikenal sebelum memulai debutnya dengan Girls Generation. Sejak usia remaja dan masih menjadi trainee dengan SM Entertainment, mantan kekasih aktor Lee Seung-gi ini sering membintangi berbagai iklan dan menjadi model di dalam berbagai majalah. Ia juga pertama kali diperkenalkan ke publik melalui berbagai penampilannya dalam video musik dan juga iklan.

Meski disibukkan dengan berbagai kegiatannya sebagai trainee di SM Entertainment, YoonA enggak pernah lupa akan pendidikannya. Ia diketahui merupakan salah satu lulusan dari Daeyoung High School pada 2009. Ia juga berhasil menyelesaikan pendidikannya dalam jurusan teater dan musik di Universitas Dongguk.

Debut dengan SNSD

Setelah mengikuti pelatihan selama lima tahun di SM Entertainment, Yoona memulai debutnya dengan Girls Generation alias SNSD, Agustus 2007 lalu. Ia menjadi salah satu anggota SNSD termuda kedua setelah Seohyun. Performa terbaiknya kerap kali  membuatnya menjadi pusat perhatian.

Diluar Girl Generation rupanya Yoona juga pernah merilis single solo pertamanya. Single berjudul "Innsifree Day" yang keluar pada Agustus 2010 silam, digunakan untuk mempromosikan Eco Handkerchief's dari Innisfree Cosmetic.

2019 lalu, ia juga dikabarkan merilis debut album mini bertajuk A Walk to Remember yang menjadi album terlaris dalam 24 jam pertama oleh solois wanita.

Baca Juga: Jadi Wanita Tercantik di Dunia, Intip Pesona Yoona SNSD Berikut Ini

Karier akting

Disamping itu, YoonA juga memulai debutnya dalam berbagai drama. 2007 lalu, YoonA juga memulai kariernya sebagai aktris, ia berperan dalam drama "9 Ends, 2 Outs". Setahun setelahnya, ia kembali mendapatkan peran dalam drama "Woman og Matchless Beauty" dan mendapatkan peran utama dalam drama "You Are My Destiny".

Perannya dalam 'You Are My Destiny" membuatnya mendaptkan penghargaan Aktris Baru Terbaik di Drama Awards KBS ke-23 dan Baeksang Arts Awards ke-45.

Enggak cuma sampai di situ, 2009 silam, ia juga berkesempatan beradu akting dengan Kwon Sang-woo dalam drama "Cinderella Man". Tiga tahun setelahnya, tepat pada 2012, YoonA kembali mendapatkan peran utama dalam drama "Love Rain" dan bermain dalam serial drama "Prime Minister and I" bersama Lee Beom-Soo, 2013 silam. 

Dikabrakan, pada tahun ini YoonA akan kembali membintangi sebuah drama yang berjudul Hush. Wah siapa yang enggak sabar melihat aksinya dalam berakting lagi?

Di samping kariernya sebagai aktris, YoonA juga sering menjadi bintang tamu dalam berbagai program televisi. Salah satunya ialah SBS TV Family Outing yang membuatnya menjadi pemain tetap hingga Juli 2010 lalu.

Keberhasilan Karier YoonA dalam dunia musik dan akting, membuatnya menjadi salah satu artis idola ternama di Korea selatan. Ia juga memiliki banyak penggemar di negara lain, salah satunya di Indonesia. YoonA juga diketahui sering dijadikan sebagai brand ambassador dari produk kecantikan ternama, sebut saja seperti Innisfree.