Beauty, apa kamu pengguna eyeliner disetiap riasan wajah? Jika iya, memang eyeliner bisa membantu menciptakan tampilan mata yang lebih ekspresif dan tajam. Namun, memakai eyeliner untuk mata sipit atau yang biasa dikenal dengan istilah monolid (monolid adalah jenis kelopak mata tanpa lipatan) butuh latihan dan ada tips and triknya sendiri.

Tapi Beauty tenang aja ya, HerStory telah merangkumnya dilansir dari berbagai sumber, (1/6/2020). Ini beberapa tips dan cara memakai eyeliner untuk mata sipit atau monolid.

Baca Juga: Dear Beauty, Yuk Simak Tips Membentuk Alis Sesuai dengan Bentuk Wajah!

Buat garis tipis yang presisi dengan eyeliner cair

Beauty, untuk membuat garis kamu membutuhkan eyeliner cair/pen dengan ujung super lancip yang fleksibel untuk membingkai kelopak mata atas dengan garis tipis eyeliner.

Hindari memakai eyeliner gelap di seluruh kelopak mata atas dan bawah

Mata sipit/monolid biasanya punya ukuran kelopak yang sempit, maka memakai eyeliner warna gelap seperti hitam untuk membingkai seluruh kelopak mata atas dan kelopak mata bawah adalah pantangan! Kamu akan menciptakan ilusi kelopak mata yang semakin kecil dan sempit, jika salah kamu juga bisa terlihat seperti panda.

Gunakan eyeliner pensil warna terang di kelopak mata bawah

Agar mata terlihat cerah dan terbuka, di waterline kelopak mata bawah, bingkai dengan eyeliner pensil waterproof warna gading/broken white (cari yang paling menyerupai warna kulit ya).

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kulit Wajah saat Mengenakan Masker Selama Pandemi COVID-19, Catat Baik-Baik Ya!

Gunakan eyeshadow sebagai eyeliner

Bila kamu kurang nyaman menggunakan eyeliner cair, bisa memakai eyeshadow warna cokelat, abu-abu, atau hitam sebagai gantinya. Kamu butuh kuas eyeshadow yang pipih, miring (slanted), dan kaku untuk mengapliasikannya. Karena bentuknya bubuk, eyeshadow akan lebih ‘pemaaf’ dibandingkan eyeliner cair yang bold.

Sapukan kuas mengikuti garis bentuk kelopak mata atas. Kemudian di bagian ujungnya, kamu bisa Tarik garis sedikit lurus/sedikit naik dari sudut mata terluar sebagai acuan untuk dijadikan winged liner sebagai garis akhir tarikan eyeliner kamu.