Beauty, mungkin ada di antara kamu yang memiliki bibir berwarna hitam. Sebenarnya, bibir hitam itu terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari kebiasaan merokok, mengkonsumsi kafein seperti teh dan kopi, enggak cocok dengan produk lipstik, atau bahkan memang bawaan dari lahir. Dalam artian, ada wanita yang terlahir dengan pigmen kulit yang gelap, sehingga kulit bibirnya ikut menhitam.

Memiliki bibir yang hitam, kerap dikeluhkan oleh banyak wanita. Makanya tak ayal banyak wanita yang mendambakan memiliki bibir merah merona dan tampak sehat. Alih-alih banyak produk kecantikan yang menawarkan dapat mencerahkan bibir hitam, ternyata banyak pula bahan alami yang bisa dipetik manfaatnya untuk mencerahkan bibir.

Baca Juga: Sering Dijadikan Bahan Kue, Ternyata Ini 5 Manfaat Mentega untuk Kecantikan, Bisa Cerahkan Bibir Hitam Lho!

Dengan menggunakan bahan alami ini, tentunya lebih aman digunakan tanpa harus mengkhawatirkan efek samping yang ditimbulkan. Penasaran bahan alami apa saja yang dapat mencerahkan bibir hitam? Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020), berikut lima di antaranya:

Madu

Enggak perlu diragukan lagi khasiat dari bahan alami yang satu ini, Madu begitu populer manfaatnya bagi kesehatan tubuh maupun kulit. Madu juga dipercaya mampu mencerahkan bibir yang hitam. Apalagi kalau bibir hitam yang Beauty miliki disebabkan karena seringnya mengonsumsi kafein atau menggunakan produk berbahan kimia.

Madu kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya. Kandungan ini mampu memulihkan sel yang rusak dan tentu saja menyehatkan bibir, sehingga bibir tampak cerah dan sehat.

Kamu bisa mengolesi madu pada bibir yang hitam setiap pagi dan malam hari. Ratakan dan diamkan selama 3-4 menit, setelahnya fosok bibir menggunakan air hangat dan handuk yang halus. Gosok secara perlahan agar sel kulit mati terangkat.

Minyak zaitun

Selanjutnya ialah minyak zaitun. Minyak yang satu ini kaya akan vitamin E dan K yang dapat digunakan untuk menghilangkan bibir hitam menjadi merah secara alami. Penggunaannya juga gampang banget kok, olesi kapas yang sudah diberikan minyak zaitun setiap harinya. Gosok secara perlahan agar sel kulit mati terangkat.

Baca Juga: Ingin Memiliki Bibir Merah Merona? Rawat dengan Cara Ini

Lidah buaya

Enggak cuma bermanfaat untuk kesehatan rambut, lidah buaya mmapu mencerahkan dan memerahkan bibir secara alami. Oleskan gel lidah buaya pada bibir dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Gampang banget kan?

Jeruk nipis

Seperti yang Beauty tahu, jeruk nipis kaya akan vitamin C di dalamnya. Buah yang satu ini mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga bibir akan beregenerasi dengan baik dan merah merona secara alami. Tapi saat penggunaanya perlu berhati-hati, karena akan menimbulkan efek perih pada bibir.

Kunyit

Terakhir, kamu bisa menelik manfaat kunyit untuK menghilangkan bibir hitam secara alami. Bubu dapur yang terkenal khasitanya dalam kesehatan ini, berguna untuk menghilangkan bibir hitam dan menlembabkan bibir yang kering.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, tumbuk halus dua rus kunyit lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gimana? Gampang kan?