Menu

Dialami Chelsea Olivia, Apa Itu Kista Ganglion? Berbahayakah?

Shilvia Restu Dwicahyani
24 November 2021 16:15 WIB
Dialami Chelsea Olivia, Apa Itu Kista Ganglion? Berbahayakah?

Chelsea Olivia. (Instagram/chelseaoliviaa)

HerStory, Sukabumi —

Chelsea Olivia belum lama ini dikabarkan menjalani operasi karena ada benjolan sekitar pergelangan tangannya yang diketahui merupakan kista ganglion

Semula benjolan tersebut sudah muncul dari pertengahan tahun namun baru terasa nyeri sekarang ini yang sampai mengganggunya terlebih ketika ia sedang berolahraga. 

Sampai akhirnya ia pun memutuskan untuk pergi ke dokter bedah plastik yang ternyata benjolan tersebut merupakan kista ganglion dan langsung mendapatkan tindakan. 

Kista Ganglion

Kista ganglion merupakan tumor jinak pada bagian sendi atau bisa juga pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot (tendon).

Benjolan dari kista ganglion ini bisa berubah ukuran dengan cepat ketika digerakan. Tapi bisa juga menghilang begitu saja. 

Umumnya kista ganglion lebih mudah muncul di sekitar pergelangan tangan dan bisa terjadi pada segala usia. Tetapi lebih sering terjadi pada wanita berusia 20 sampai 40 tahun. 

Sejatinya kista ganglion tak menimbulkan gejala, tetapi bisa juga menimbulkan rasa sakit terlebih jika tumbuh di lokasi yang mengganggu pergerakan sendi

Karena adanya tekanan pada saraf yang mengakibatkan nyeri, kesemutan sampai mati rasa. Faktor penyebab munculnya kista ganglion seperti cedera pada sendi dan kondisi osteoarthritis.

Halaman: