Menu

Bukan Kerutan, Sederet Tanda Penuaan Dini Ini Jarang Disadari, Apa Saja?

Shilvia Restu Dwicahyani
24 November 2021 21:15 WIB
Bukan Kerutan, Sederet Tanda Penuaan Dini Ini Jarang Disadari, Apa Saja?

Ilustrasi seorang wanita yang memiliki permasalahan kulit. (Peffiny.com/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Penuaan dini merupakan hal yang sangat dikhawatirkan sebagian besar wanita. Meski sejatinya penuaan tetaplah akan terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. 

Tanda penuaan dini seringkali dikaitkan dengan kerutan pada wajah. Padahal masih ada tanda lain yang masih jarang disadari. 

Sebagaimana dilansir dari laman sindikasi suara.com (24/11/2021), Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Stanley Setiawan, Sp. KK., mengatakan ada beberapa tanda penunaan yang cukup sering dikeluhkan perempuan saat lakukan perawatan ke klinik kecantikan.

"Keluhan aging yang banyak dikeluhkan, kalau dari gender, memang paling banyak wanita. Keluhannya seperti timbul flek di area wajah akibat pajanan sinar matahari dan proses aging. Kemudian timbulnya kerutan yang membuat orang kurang percaya diri," kata dokter Stanley. 

Selain itu juga masalah kulit wajah yang mulai mengendur. Menurut dokter Stanley, berbagai keluhan tanda penuaan itu berakibat penampilan seseorang jadi tampak lelah, capek, dan kurang bahagia. Sehingga menyebabkan kurang rasa percaya diri.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.