Menu

Jangan Buru-buru Tidur! Lakukan Hal Ini Setelah Berhubungan Seks, Biar Makin Intim

Cherryn Lagustya
25 November 2021 23:00 WIB
Jangan Buru-buru Tidur! Lakukan Hal Ini Setelah Berhubungan Seks, Biar Makin Intim

Cuddling (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Berhubungan seks menjadi salah satu momen berdua yang penuh keintiman dan dipenuhi oleh sensasi serta gairah.

Namun, banyak pasutri yang langsung tidur setelah seks. Padahal ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan agar hubungan makin intim dan menguatkan ikatan antara kamu dan pasangan. 

“Ada kombinasi kimia otak dan tubuh yang terjadi selama seks yang membutuhkan penutupan neurokimia dan psikologis,” kata Dulcinea Alex Pitagora, Ph.D., psikoterapis dan terapis seks yang berbasis di N.Y.C, dikutip dari Akurat.co.

Jika gak tahu apa yang harus kamu lakukan setelah berhubungan seks dengan pasangan, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Bicara

Waktu terbaik untuk membicarakan seks adalah saat kamu dan pasangan baru saja melaukannya. Jadi, setelah kamu dan pasangan "selesai", tanyakan pendapatnya tentang seks yang baru saja kalian lakukan. Jujurlah tentang kebutuhan kamu juga.

Jangan fokus pada hal-hal negatif, tapi tetap terbuka untuk mendapat saran dan masukan. Beritahu pula apa yang kamu sukai, dan hal-hal yang ingin dicoba lagi lain kali. Komunikasi jujur dan terbuka tentang seks akan membantu kamu dan pasangan memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Dengan kata lain, sedikit tanya jawab pasca-seks akan menunjukkan betapa kamu peduli. Plus, pada akhirnya ini akan meningkatkan kualitas kehidupan seksual kamu dan pasangan. 

Cuddling atau pelukan

Oksitosin atau hormon cinta dapat dilepaskan ketika kamu dipeluk oleh pasangan. Memeluk akan membentuk keintiman dan dapat membantu kamu terhubung secara positif dengan pasangan. 

"Oksitosin membantu kamu merasakan kasih sayang serta meningkatkan ikatan dan perasaan percaya," kata terapis seks Holly Richmond, Ph.D.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel: