Menu

Tanda-tanda Diabetes yang Muncul di Kulit, Nomor 1 Jarang Disadari Nih

Nada Saffana
26 November 2021 13:30 WIB
Tanda-tanda Diabetes yang Muncul di Kulit, Nomor 1 Jarang Disadari Nih

Ilustrasi penebalan kulit (Freepik.com/karlyukav)

HerStory, Jakarta —

Diabetes jarang terdiagnosis secara dini. Pasalnya banyak gejala atau tanda diabetes yang dianggap enteng sehingga menimbulkan komplikasi yang serius.

Padahal jika diperhatikan secara seksama, ada lho tanda-tanda khas yang menunjukkan kondisi diabetes. Salah satunya bisa dilihat dalam tampilan kulit.

Untuk itu, yuk ketahui berikut ini beberapa tanda yang muncul di kulit apabila menderita diabetes:

1. Bintik kemerahan

Beberapa penelitian menemukan jika penderita diabetes mengalami gejala bintik kemerahan pada kulit. Bintik kemerahan ini kelihatan seperti ditimbulkan oleh alergi. Tapi tidak disertai rasa gatal dan bisa muncul serta hilang secara tiba-tiba.

Seringkali bintik kemerahan ini menyebar luas pada bagian tubuh. Jika kamu menemukan hal ini pada kulit, segera periksakan ke dokter untuk memastikan.

2. Bintik atau garis hitam di sekitar tulang kering

Kamu perlu waspada jika tanda ini muncul di kulit sekitar tulang kering. Ketika diabetes mulai menyerang tubuh, terjadi lekukan pada kulit yang menimbulkan bintik atau garis berwarna gelap.

Biasanya bintik kehitaman ini muncul di area kaki, terutama di sekitar tulang kering. Kemunculan tanda kehitaman ini bisa menjadi pertanda awal diabetes.

3. Sering mengalami infeksi

Apa kamu sering menemukan bentol yang perih dan terasa panas pada kulit, atau bercak kemerahan disertai bintik-bintik menonjol dan terasa gatal? Itu merupakan infeksi kulit yang perlu diwaspadai.

Bisa jadi kondisi infeksi yang kerap terjadi pada kulit bukan sekadar gigitan serangga atau alergi.
Salah satu gejala diabetes ialah jika kulit rentan alami infeksi.

Biasanya infeksi yang menyertai diabetes dapat terjadi di seluruh bagian kulit, termasuk di sekitar kuku dan kulit kepala. Periksakan diri ke dokter jika kamu sering mengalami infeksi kulit secara tiba-tiba.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.