Menu

Jangan Dianggap Remeh! Ini 3 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Nada Saffana
26 November 2021 18:00 WIB
Jangan Dianggap Remeh! Ini 3 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut (Popsugar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bau mulut yang juga disebut halitosis sering dianggap enteng. Padahal kondisi ini dapat menyebabkan rasa malu, kecemasan dan bisa jadi pertanda penyakit serius lho.

Makanan tertentu yang dikonsumsi, kondisi kesehatan dan kebiasaan adalah penyebab bau mulut yang umum. Dalam banyak kasus, bau mulut bisa diatasi dengan kebersihan gigi yang tepat dan konsisten. Namun, jika teknik sederhana ini tak bisa mengatasi bau mulut, segera konsultasikan ke dokter. Pasalnya bau mulut bisa menjadi tanda penyakit.

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut yang mungkin kamu alami:

Penyakit periodontal

Salah satu gejala utama penyakit gusi ini adalah bau mulut yang tidak sedap, dan rasa yang tidak enak di mulut. Kondisi ini membutuhkan perawatan segera oleh profesional kesehatan mulut.

Kanker Mulut

Saat tumor kanker mulut melebihi suplai darahnya dan membentuk bisul, bakteri dapat menginfeksi luka. Bakteri tersebut meninggalkan bau busuk yang tak akan hilang saat Anda menyikat gigi.

Plus, rasa sakit di mulut yang disebabkan kanker ini mungkin membuat Anda sulit menelan. Bakteri tersebut menghasilkan gas yang menghasilkan bau mulut. Tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter jika bau mulut bertahan lebih dari dua setengah minggu dan cari tahu kondisi apalagi yang ditandai dengan munculnya bau mulut.

Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan ketoasidosis, dimana tubuh membakar lemak bukan glukosa jika insulin dalam darah terlalu sedikit, atau jika resistensi insulin terlalu tinggi Keton. Kemudian terbentuk sebagai produk limbah yang menyebabkan bau yang tak biasa pada napas sehingga menyebabkan bau mulut.

Share Artikel: