Menu

Gengsi dan Bingung Meminta Maaf Kepada Pasangan? Begini Caranya Moms

Cherryn Lagustya
26 November 2021 19:00 WIB
Gengsi dan Bingung Meminta Maaf Kepada Pasangan? Begini Caranya Moms

Pasangan yang sedang berdebat. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Bertengkar merupakah hal umum yang terjadi dalam sebuah hubungan. Biasanya sehabis memarahi atau bertengkar dengan pasangan, maka muncul perasaan gak enak dan mencari cara untuk menebus perilaku kasar tersebut. 

Saat sedang bertengkar. Lalu, kamu bersikap kasar kepada pasangan. Beritahu dia, jika kamu mengalami perubahan suasana hati lalu minta maaf, setelah menyadari hal tersebut. 

Namun, kamu mungkin sulit mengeluarkan kata maaf atau bahkan saat ini kamu sedang bingung bagaimana cara meminta maaf. Karena ucapan perminta maaf yang salah, justru bisa merusak permohonan maafmu, bahkan menciptakan masalah baru.

Daripada kamu bingung, simak beberapa tips untuk meminta maaf kepada pasangan yang dilansir dari laman PinkVilla.

Kata maaf bisa menciptakan keajaiban

Menyadari kamu telah melakukan kesalahan, ide yang baik untuk mengesampingkan ego kamu demi hubungan. Lalu, minta maaflah pada pasangan

Namun, pastikan tidak mengulangi kesalahanmu setiap saat, karena jika kamu mengulangi kesalahan lagi, kata ajaib maaf itu pasti akan kehilangan esensinya.

Pikirkan tindakan yang kamu ambil

Jika terlalu malu untuk meminta maaf atau jika berpikir maaf saja gak cukup, berhati-hatilah dengan tindakan yang akan kamu ambil. Buatlah aturan praktis untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama yang telah dilakukan sebelumnya, tidak peduli seberapa marah atau frustrasinya kamu. 

Dengan melakukan ini, kamu tidak hanya menyadari kesalahan tetapi juga mengungkapkan bahea kamu tahu telah melakukan sesuatu yang salah dan menyelesainya, dengan cara berubah menjadi lebih baik. Ini akan membuat kamu dan pasangan sedikit lebih dekat.

Ekspresikan perasaan

Jika perilaku dan sikap di masa lampau mengganggu pikiran kamu dan pasangan, maka ekspresikanlah. Mintalah maaf secepat mungkin.

Lalu, jelaskan secara rinci apa yang membuat kamu melakukan kesalahan atau hal apa yang membuat stres sehingga mengeluarkan kata-kata yang menyakiti pasangan. 

Berusahalah ambil tanggung jawab untuk berbicara dan bunuh kecanggungan. Ini akan membantu membawa hubungan semakin transparan dan juga bisa memberitahu kepada pasangan hal tersebut gak disengaja.

Perlu dipahami bahwa gak selamanya wanita atau pria adalah pihak yang benar. Sesekali berbuat kesalahan adalah hal yang wajar, asal kamu benar-benar menyesalinya dan berjanji untuk berubah. Itulah beberapa cara minta maaf kepada pasangan, yang bisa kamu coba.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.