Memilih makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk kesehatan kamu. Selain memilih makanan yang sehat, cara pengolahannya juga harus maksimal untuk mendapat nutrisi dari makanan itu. Misalnya, dipanggang, direbus, dikukus, bahkan digoreng mampu memberikan nutrisi yang maksimal pada tubuh.

Namun, ada lho! Beberapa makanan yang lebih bagus kalau dimakan mentah-mentah. Nutrisinya lebih banyak jika dimakan mentah. Kok bisa ya? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020) kira-kira makanan sayuran apa saja ya? Yuk kepoin, Beauty!

Baca Juga: Mampu Atasi Kolesterol Naik Saat Lebaran, Kamu Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Brokoli

Biasanya kamu sering menemukan sayuran ini ketika dibuat sayur sop atau makanan capcai. Brokoli memiliki kandungan phytochemical sulforaphane yang berfungsi mencegah penyakit serius, seperti kanker, jantung, peradangan, depresi, dan lainnya.

Terdapat sebuah penelitian dari Journal of Agricultural Food and Chemistry menjelaskan bahwa tubuh yang menyerap sulforaphane lebih cepat didapatkan ketika memakan brokoli mentah-mentah tanpa dimasak.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Zheijang University mengatakan bahwa memasak brokoli dapat menurunkan kadar vitamin C di dalamnya.

Rumput laut

Rumput laut sering dijadikan bahan tambahan diproduk makanan, seperti sushi, kripik rumput laut, dan berbagai sop. Rumput laut memiliki kandungan mineral sekitar 80 hingga 90 persen. Salah satu penelitian dari Journal of Medicinal Food menjelaskan bahwa rumput laut adalah sumber klorofil terbesar.

Rumput laut juga memiliki kaya akan vitamin dan mineral sehingga dapat diserap kedalam aliran darah. Selain itu, rumput laut adalah sumber zat besi, kalsium, dan yodium untuk tubuh.

Baca Juga: Buat Kamu yang Merasa Kurang Enak Badan, Cobain 3 Makanan Ini yang Cocok untuk Masa Penyembuhan!

Paprika merah

Salah satu penelitian dari National Institutes of Health menjelaskan bahwa paprika merah memiliki kandungan 32 kalori dan vitamin C yang bagus untuk tubuh. Memakan paprika mentah mampu mengatasi aterosklerosis yang sebabkan penyakit jantung.