Menu

Ini Rahasia di Balik Daun Pandan, Bisa Rontokkan Asam Urat hingg Diabetes

29 November 2021 08:30 WIB
Ini Rahasia di Balik Daun Pandan, Bisa Rontokkan Asam Urat hingg Diabetes

Daun pandan.

HerStory, Jakarta —

Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang mampu menjadi obat herbal berbagai penyakit. Misalnya saja daun pandan yang bukan hanya bisa digunakan untuk menyedapkan makanan, tetapi juga bisa mengatasi diabetes dan juga asam urat lho.

Hal itu dikarenakan daun pandan mengandung senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan dan menghambat enzim xantin oksidasi. Oleh sebab itu, enggak heran deh kalau daun pandan memiliki beragam manfaat kesehatan.

“Itu bisa menurunkan kadar asam urat,” ujar Ahli herbal, dr. Inggrid Tania, M.Si, dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne.

Dari hasil penelitian, daun pandan bersifat analgetik atau anti nyeri. kandungannya juga anti peradangan.

Itu membuat nyeri-nyeri yang terjadi karena peningkatan kadar asam urat maupun rematik bisa dikurangi.

Bagaimana dengan gula darah?

Ada senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan di antaranya flavonoid. Kandungan ini menurunkan gula setelah darah, termasuk menurunkan kadar gula darah makan, serta meningkatkan sekresi insulin.

Alhasil, kadar gula darah bisa dinormalkan dengan menghambat enzim alfa glukosidase.

Rebusan daun pandan ini aman untuk anak-anak hingga lansia. Bahkan ibu hamil atau sedang menyusui sekalipun, boleh mengonsumsi ramuan ini.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara ke-3 Tertinggi Konsumsi Gula, Cut Memey Bagikan Tips Cegah Diabetes! Tertarik Coba Beauty?

Baca Juga: Gak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Gejala Diabetes yang Jarang Disadari, Terakhir Bisa Menguras Energimu Nih Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Nada Saffana