Menu

6 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Jadi Pemicu Penyakit Maag, Segera Hindari Moms!

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
29 November 2021 11:30 WIB
6 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Jadi Pemicu Penyakit Maag, Segera Hindari Moms!

Ilustrasi sakit maag. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Maag adalah penyakit yang bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Penyebab maag kambuh pun biasanya muncul dari berbagai faktor. Gejala yang muncul pun biasanya ringan atau parah hingga bisa mengganggu aktivitas.

Beberapa gejala maag yang biasa timbul, seperti perut mulas, mual, kembung, adanya sensasi panas di dada hingga tenggorokan pun dikarenakan naiknya asam  lambung.

Namun, Moms jangan khawatir, karena maag bisa dicegah melalui beberapa cara jitu berikut, dilansir dari berbagai sumber, Senin (29/11/2021).

1. Sering makan dengan porsi yang sedikit

Cara mengatasi maag yang bisa Moms lakukan adalah dengan selalu makan tepat waktu dengan porsi yang lebih kecil. Pastikan makan dengan perlahan serta kunyah makanan dengan baik dan pusatkan fokus saat porsi makan tidak berlebihan.

Cara ini cukup ampuh untuk mencegah maag kambuh karena bisa menghindari naiknya asam lambung akibat perut yang tak terisi makanan.

2. Jangan tiduran setelah makan

Beri jeda 2 atau 3 jam setelah makan. Ini bertujuan untuk mencegah asam lambung yang telah diproduksi, tak naik ke kerongkongan dan membuat maag kembali kambuh. Selain itu, usahakan jangan bergerak terlalu aktif karena bisa memicu kambuhnya gejala maag.

Halaman: