Menu

Sering Keliru, Ini Perbedaan Gatal Akibat Gejala Awal Diabetes dan Penyakit Kulit, Catat Ya!

Nada Saffana
29 November 2021 15:00 WIB
Sering Keliru, Ini Perbedaan Gatal Akibat Gejala Awal Diabetes dan Penyakit Kulit, Catat Ya!

Ilustrasi gatal-gatal. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh, termasuk kulit. Namun, sayangnya masih belum banyak yang menyadari hal itu. Padalah masalah kulit terkadang merupakan tanda awal bahwa seseorang mengidap diabetes.

Sering kali tanda yang muncul di kulit akibat diabetes dianggap rasa gatal biasa. Pasalnya diabetes juga menyebabkan infeksi bakteri, infeksi jamur, dan gatal-gatal. Masalah kulit lainnya terjadi sebagian besar atau hanya pada penderita diabetes.

Bagaimana cara membedakan kulit gatal biasa dan gatal yang disebabkan diabetes?

Dilansir dari diabetes.org (29/11/2021) orang dengan diabetes cenderung mengalami kulit gatal lebih sering daripada yang tak mengalami diabetes. Rasa gatal yang terus-menerus menyebabkan rasa tak nyaman dan dapat menyebabkan garukan berlebihan, yang dapat menimbulkan luka. Gatal sering merupakan gejala polineuropati diabetik, yang merupakan kondisi ketika diabetes menyebabkan kerusakan saraf. 

Jika gatal tak kunjung sembuh, itu patut dicurigai bahwa kamu mengidap diabetes. Selain itu, patut juga mewaspadai kondisi kulit kering dan teriritasi.

Selain dilihat dari waktu sembuh, perlu juga untuk tes kadar gula darah untuk memastikan secara rinci apakah rasa gatal itu disebabkan oleh diabetes atau bukan. Tak lupa juga untuk memperhatikan gejala lain yang mungkin ditimbulkan, seperti sering merasa haus, lapar dan juga buang air kecil terus menerus.

Share Artikel: