Menu

Jangan Coba-coba! 5 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

30 November 2021 18:05 WIB
Jangan Coba-coba! 5 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

Suami dan istri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Ibu hamil perlu menjaga dan memperhatikan segala jenis makanan yang akan dikonsumsi. Ini karena gak semua makanan aman dikonsumsi ibu hamil.

Ada beberapa jenis makanan yang nyatanya gak boleh dikonsumsi selama hamil. Oleh sebab itu, Moms harus berhati-hati agar janin tetap sehat.

Berikut makanan yang harus dihindari selama hamil.

1. Pepaya dan sayuran mentah

Beberapa dokter memang mengizinkan ibu hamil mengonsumsi pepaya, asalkan buah tersebut dalam kondisi matang sempurna. Ini karena tingkat kematangan pepaya bisa berpengaruh pada pertumbuhan janin.

Pepaya mudah atau kurang matang mengandung pepsins yang bisa memengaruhi tumbuh kembang janin hingga menghentikan pertumbuhan janin.

2. Monosodium Glutamat (MSG)

Ibu hamil diharuskan cermat soal pemilihan makanan. Makanan dalam kadar tertentu bisa saja membahayakan janin, tapi gak perlu khawatir, sebab MSG tergolong aman asalkan gak dikonsumsi secara berlebihan.

Akan tetapi, lebih baik ibu hamil mengurangi atau menghindari konsumsi makanan yang mengandung MSG saat hamil.

3. Makanan cepat saji

Fast food atau makanan cepat saji seperti ayam goreng (fried chicken), kentang goreng, dan burger termasuk makanan yang gak boleh dimakan terlalu sering dan berlebihan saat hamil. Makanan cepat saji mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit obesitas, hingga ukuran janin terlalu besar (makrosomia).

4. Susu gak dipasteurisasi

Penting untuk memilih dan menghindari susu yang gak dipasteurisasi. Ini karena mengandung banyak mikroba yang bisa membahayakan ibu dan perkembangan bayi dalam rahim. 

5. Nanas

Pasti sudah tahu dong kalau nanas harus dihindari selama hamil? Ya, buah ini mengandung enzim bromelain yang melembutkan serviks dan dapat menyebabkan persalinan dini.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.