Menu

Kenali Traumamu, Yuk Berdamai dengan Masa Lalu Lewat 3 Tips Ini

Azka Elfriza
30 November 2021 18:15 WIB
Kenali Traumamu, Yuk Berdamai dengan Masa Lalu Lewat 3 Tips Ini

Ilustrasi wanita mengalami trauma (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali kejadian dalam hidup yang memerlukan waktu lebih untuk di proses. Hal ini menyebabkan beberapa orang masih melihat kebelakang dan susah untuk melanjutkan hidupnya.

Kejadian yang biasanya menyebabkan trauma dimasa lalu adalah dibohongi, dikecewakan, dikhianati, direndahkan, diintimidasi, dan juga ditinggalkan. Secara tak sadar akan timbul dendam di dalam diri kita yang akan terbawa hingga masa sekarang. 

Nah, dendam itulah yang akan membuat kita susah untuk move on. Yuk gulir kebawah terus untuk bisa tahu 3 tips berdamai dengan masa lalu.

Mengubah perspektif tentang masa lalu

Hal yang kamu bisa coba pertama adalah mengubah pandanganmu tentang masa lalumu itu. Kamu bisa mulai dari buang jauh-jauh pikiran akan masa lalumu dan percaya bahwa kejadian yang terjadi bukanlah kesalahanmu.

Fokus dengan sesuatu yang sedang dijalankan

Fokus untuk menjalani kehidupan yang sekarang dan hanya memikirkan dirimu juga menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk melupakan masa lalumu. Kamu bisa mulai dari menyibukkan diri dengan rutinitas yang kamu jalankan dan mulai melupakan memori burukmu.

Hal ini termasuk mujarab dan patut untuk dicoba lho Beauty.

Memaafkan masa lalu, nikmati masa kini, dan rancang masa depan

Dengan memaafkan masa lalu, kamu bisa dengan leluasa memikirkan dirimu dimasa sekarang dan masa depan lho. Kalau sudah berhasil pada tahap ini, hal selanjutnya yang kamu perlu lakukan adalah menjalani masa kini dengan sebaik mungkin dan penuh rasa bahagia.

Sambil menikmati kepergian trauma masa lalu, kamu juga bisa mulai merancang masa depan karena hidup juga akan terus berlanjut dan jangan pernah takut untuk gagal.

Selamat berdamai dengan masa lalu, Beauty!