Menu

Wajib Tahu! Anak Suka Merajuk, Ikuti Tips Ini Moms

Cherryn Lagustya
30 November 2021 18:30 WIB
Wajib Tahu! Anak Suka Merajuk, Ikuti Tips Ini Moms

Ilustrasi seorang anak laki-laki tengah murung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Anak sering merajuk menjadi salah satu cara anak untuk menunjukkan respons negatif terhadap lingkungan di sekitarnya. Pada beberapa anak, ini bahkan bisa menjadi gejala gangguan kepribadian dan mood yang signifikan.

Perilaku merajuk sangat umum pada anak-anak dan remaja, dan sangat penting bagi orang tua atau pengasuh untuk gak menyerah pada perilaku semacam ini. Mencoba berargumentasi atau menyalahkan anak hanya akan memperburuk situasi. 

Jika Si Kecil suka merajuk, berikut beberapa tips untuk mengatasinya, dilansir dari laman sindikasi Akurat.co.

Hindari reaksi berlebihan

Menanggapi anak-anak yang ngambek, gak akan selalu berhasil karena ini dapat menyebabkan lebih banyak amukan di masa depan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkannya merajuk. Ini akan membuat anak menyadari bahwa Moms gak akan menanggapi perilaku seperti itu.

Cobalah untuk tenang dan gak menunjukkan perilaku kasar terhadap anak. Abaikan dan biarkan mereka belajar bahwa Moms nggak akan menyerah pada perubahan suasana hati yang gak masuk akal.

Isyarat visual

Isyarat visual cenderung bekerja dengan anak yang masih balita. Dalam metode ini, Moms harus memanggil namanya, menarik perhatiannya, meniru ekspresi cemberutnya.

Kemudian, gunakan jari-jari untuk mengubah cemberut menjadi senyuman. Ini mungkin memengaruhi Si Kecil untuk melakukan hal yang sama, dan meskipun mungkin gak selalu berhasil, Moms selalu dapat mencobanya.

Dorong anak untuk mengekpresikan perasaannya secara verbal

Ketika Moms melihat anak cemberut atau merajuk, berikan perhatiannya dan dorong dia untuk mengungkapkan masalahnya dengan kata-kata. Yakinkan anak bahwa Moms gak akan menanggapi masalahnya secara negatif. Berkomunikasi dengan anak secara efektif.

Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup

Kekurangan nutrisi bisa menjadi alasan lain mengapa anak sering mengalami perubahan suasana hati. Karena itu, pastikan Bunda memberi anak makanan bergizi yang cukup. Kesehatan fisik yang baik akan selalu memastikan Si Kecil memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik pula.

Ingat, setiap orangtua harus melalui tahap di mana anak akan merajuk tentang segala hal. Namun, ketika bereaksi dengan cara yang tepat, Bunda dapat mengajari anak cara yang tepat untuk mengekspresikan perasaan negatif dan menangani segala sesuatu di sekitar mereka dengan cara yang sangat sehat.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel: