Menu

Mengintip Prospek Investasi Aset Kripto dari Kacamata Kaum Hawa, Seberapa Besar Potensi Cuannya?

Riana Agustian
30 November 2021 22:52 WIB
Mengintip Prospek Investasi Aset Kripto dari Kacamata Kaum Hawa, Seberapa Besar Potensi Cuannya?

Para speakers di event webinar ‘Women & Financial Wellness’ yang digelar Tokocrypto, Selasa (30/11/2021). (Riana/HerStory)

HerStory, Bogor —

Animo masyarakat terhadap investasi aset kripto semakin hari kian banyak digandrungi, tak terkecuali oleh kaum hawa. Meski biasanya didominasi oleh para pria yang melakukan investasi ataupun menjadi trader, nyatanya sekarang, aset kripto sangatlah terbuka dan memberikan kesempatan yang sama bagi para wanita untuk mengeksplor industri ini baik dalam bentuk investasi ataupun menjadi lapangan pekerjaan.

Nah, berangkat dari hal itulah Tokocrypto mengadakan sebuah event webinar ‘Women & Financial Wellness’, Selasa (30/11/2021). Adapun, beberapa topik yang diangkat antara lain, Wanita Juga Bisa Mandiri Finansial, Financial Planning bagi Perempuan, Pentingnya, Investasi bagi Wanita, dan Instrumen Investasi Kripto.

Sarah Alana Gibson, selaku Influencer & Entrepreneur, beranggapan, karena saat ini adalah eranya kesetaraan gender, maka wanita pun berhak untuk punya instrument investasi. Terlebih, saat ini pendidikan maupun informasi serta akses terhadap instrument investasi semacam kripto ini bisa diakses dengan mudah.

“Menurut aku kita sebagai wanita juga harus punya keyakinan terhadap financial freedom, dan terkait hal itu, gak ada salahnya juga kita untuk memulai investasi di berbagai intrumen investasi yang tersedia. Semisal crypto currency. Kalau soal kunci utama investasi bagi aku adalah kita harus selalu mencari terus pengetahuan, menambah wawasan, karena gak semua instrument investasi itu cocok bagi semua orang. Jadi gak salah buat kita wanita untuk selalu menambah pengetahuan. Apalagi berbicara tentang kripto, dimana kripto sendiri kan sangat dipengaruhi oleh isu-isu yang beredar . Jadi memang mesti up to date terus. Dan disesuaikan juga investasi mana yang sesuai sama kita,” tutur Sarah, saa sesi webinar ‘Women & Financial Wellness’, sebagaimana dipantau HerStory, Selasa (30/11/2021)

Di kesempatan yang sama, Aline Wiratmaja, selaku Certified Financial Planner and VOA Broadcasting Fellow, menuturkan, dalam investasi,i nvestment planning itu sangatlah penting. Dan dalam memilih instrumen investasi, sebaiknya kita jangan nekat nyemplung. Tapi, paling gak kita harus mengerti terkait dasar-dasar analisa teknikal. Dan harus mengerti fundamental dari asset yang di-hold.

Investment planning itu penting banget, tapi aku mau ingetin lagi pondasinya ya, jangan all in all out di satu instrumen yang berisiko, ataupun loncat langsung investasi tapi kedodoran fundamental atau dasarnya. Misalnya emergency fund, dana darurat harus diinget. Kemudian proteksi jangan lupa, dan dinamanya investasi itu kita gak bisa mau enaknya aja gitu, gak mau susahnya. Jadi mau cuannya doang gak mau belajarnya. Begitu kena fluktuasi harga kan terkaing-kaing. Kita harus punya ‘kekaleman’ di tengah-tengah misalnya volatilitas, instrumen investasi yang kita pilih gitu kita harus ngerti paling enggak dasar-dasar analisa teknikal. Kita harus ngerti fundamental dari asset yang kita hold gitu. Mindset-nya juga penting, dan yang tak kalah penting itu money management biar gak kedodoran. Kuncinya itu sustainability, jadi bukan cuma cuan sesaat, kita mau cuan yang jangka panjang juga yang bisa mengantarkan ke tujuan finansial kita,” tutur Aline.

Halaman: