Menu

Tips Wujudkan Financial Freedom Bagi Wanita ala Sarah Alana Gibson: Kuncinya Harus Melek Investasi!

Riana Agustian
01 Desember 2021 08:10 WIB
Tips Wujudkan Financial Freedom Bagi Wanita ala Sarah Alana Gibson: Kuncinya Harus Melek Investasi!

Influencer & Entrepreneur, Sarah Alana Gibson (Instagram/@sarahgibson21)

HerStory, Bogor —

Meski zaman telah modern, stigma negatif terkait keuangan masih sering diterima oleh kaum hawa. Mereka dianggap boros dan tak bisa menabung. Perilaku konsumtif juga kerap menghiasi stigma tersebut, bahkan cap ‘cewek matre’ yang ditujukan bagi wanita masih sering kita dengar hingga sekarang.

Namun, mari kita melepas stigma negatif tersebut dan belajar dari salah satu Influencer & Entrepreneur, Sarah Alana Gibson. Di usianya yang masih muda, nyatanya Sarah sudah sangat bertanggung jawab terhadap uang yang ia milikinya lho.

Sarah berujar, bahwa ia termasuk salah satu yang mendukung keseteraan gender. Begitupun dari sisi keuangan. Wanita pun, kata dia, jangan mau kalah dengan pria terkait hal itu. Lebih baiknya, wanita harus punya keinganan untuk mencapai kebebasan finansial alias financial freedom ke depannya.

Saat seorang wanita mandiri secara finansial, lanjut Sarah, yakni dapat menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri, ini berarti memberikan wanita tersebut kekuatan dalam mengambil keputusan. Keputusan yang tentu saja krusial dan berpengaruh kepada kehidupan, tanpa bergantung pada sumber keuangan yang lain

“Mandiri secara finansial itu juga artinya ketika kita bisa memenuhi semua kebutuhan kita sendiri, tidak bergantung kepada orang lain. Kemudian ketika dikaitin dengan wanita, jadi wanita itu ketika memenuhi kebutuhannya tidak bergantung kepada pria. Bisa berkerja, berusaha, dan berkarir menghasilkan sesuatu untuk dirinya sendiri. Sebagai entrepreneur juga menjalankan semua komponen-komponen di bidang finansial untuk memenuhi kebutuhannya sendiri maupun untuk membantu orang-orang terdekatnya, dalam hal ini keluarga,” tutur Sarah, saat sesi webinar ‘Women & Financial Wellness’, sebagaimana dipantau HerStory, Selasa (30/11/2021).

Dikatakan Sarah, cara menjadi wanita mandiri secara finansial ini sederhana, kuncinya ada pada pengelolaan keuangan yang kita lakukan sendiri. Pastikan pendapatan yang kamu terima serta pemasukan lainnya tetap dikelola dengan bijak. Dengan memerhatikan serta memilah mana yang kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan semata, kamu dapat mengatur pengeluaran setiap bulannya.

Gak cuma sebatas itu, untuk mencapai kebebasan finansial tersebut, gak ada salahnya kita sebagai wanita harus memulainya dengan membuat financial planning. Dikatakan Sarah, ada beberapa komponen penting dari financial planning itu dari mulai tabungan, kemudian dana darurat, lalu investasi. Dan menurutnya,ketiga hal itu juga disesuaikan dengan porsinya masing-masing.

Halaman: