Sudah jalan tiga bulan masyarakat di Tanah Air menjalani karantina di rumah. Hal tersebut mengikuti anjuran pemerintah untuk menekan angka kasus virus corona yang kini tengah jadi pandemi di dunia. Tapi, tahukah kamu bahwa banyak orang yang secara tidak sadar melakukan beberapa kesalahan saat konsumsi makanan di masa karantina.

Bukannya malah meningkatkan daya tubuh, kesalahan itu justru bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat mereka rentan terhadap COVID-19 dan penyakit lainnya. Padahal daya tahan tubuh yang kuat sangat di butuhkan saat ini. Nah, kesahalah apa saja sih yang biasanya dilakukan? Melansir laman Medical Today (4/6/2020) berikut daftarnya berdasarkan rincian dari Ay?e Sena Binöz, seorang ahli gizi dan spesialis diet:

Tak melakukan sarapan

Saat karantina, segala aktivitas dilakukan di rumah, mulai dari sekolah hingga kerja. Enggak heran deh banyak orang yang jadi lebih santai dan bangun agak siang saat di rumah aja. Makanya banyak yang melewatkan sarapa di pagi hari, padahal itu sangat penting untuk daya tahan tubuh.

Menurut Binöz, sebenarnya sarapan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Hal itu bermanfaat untuk menghindari konsumsi makanan berlebih saat menunggu waktu makan siang. Sarapan juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

"Makan telur dan makanan kaya vitamin C lainnya untuk sarapan. Itu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ujar Binöz .

Kurang Minum Air

Selama masa karantina, biasanya orang merasa malas dan tidak bersemangat. Beberapa orang bahkan malas untuk minum cairan yang cukup. Jangan dicontoh ya, Beauty! Ini adalah kebiasaan buruk karena saat tubuh kekurangan air, itu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan masalah metabolisme.

"Tubuh manusia membutuhkan 30 mililiter air per kilogram. Jika tubuh kehabisan air, usus akan terpengaruh parah dan ini dapat menyebabkan sembelit. Kondisi usus yang buruk juga ditemukan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, menghidrasi selama dan bahkan setelah kuncian sangat penting," jelas Binöz.

Konsumsi Jenis Makanan yang Sama

Di tengah-tengah pandemi, hampir setiap orang memiliki persediaan makanan tertentu untuk bertahan hidup selama periode karantina. Masalah timbul ketika orang-orang menimbun bahan makanan yang sangat terbatas dan itu-itu saja. Belum banyak diketahui, variasi makanan itu merupakan hal yang penting untuk menjalani masa karantina. Kenapa gitu?

Binöz mengatakan bahwa sangat penting untuk memiliki sumber protein, zat besi dan seng berkualitas tinggi, produk biji-bijian dan kacang-kacangan serta buah-buahan dan sayuran dalam makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan cara ini bisa meningkatkan ketersediaan banyak vitamin dan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, lain kali saat berbelanja bahan makanan, pastikan untuk membeli berbagai jenis bahan untuk dikonsumsi.