Menu

Jejak Sukses Aline Wiratmaja Wujudkan Kebebasan Finansial: Pahami Profil Risiko dan Financial Goals!

Riana Agustian
01 Desember 2021 13:59 WIB
Jejak Sukses Aline Wiratmaja Wujudkan Kebebasan Finansial: Pahami Profil Risiko dan Financial Goals!

Aline Wiratmaja, selaku Certified Financial Planner and VOA Broadcasting Fellow (Instagram/@alinewiratmaja)

HerStory, Jakarta —

Berbicara tentang financial freedom untuk wanita bukanlah hal yang mustahil. Dimana, hal ini bisa terwujud salah satunya melalui investasi yang pada akhirnya bisa memiliki aset aktif yang bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga tanpa perlu lagi bersusah payah mencari uang.

Menurut Aline Wiratmaja, selaku Certified Financial Planner and VOA Broadcasting Fellow, di era serba modern saat ini, investasi bukan hanya bidangnya para pria.Bisa disimpulkan juga bahwa investasi bukanlah musuh wanita. Mengapa? Karena investasi bisa membantu kita, kaum hawa, dalam merencanakan keuangan sekaligus mewujudkan impian.

Dengan investasi pula, kata Aline, akan membawa wanita menuju kebebasan finansial atau financial freedom dalam hidupnya, yang nantinya sangatlah berhubungan dengan value dan goals yang ingin wanita raih dalam hidupnya.

Financial freedom adalah soal cara mengelola dan menyelaraskan uang menuju kehidupan yang memungkinkan kita sebagai wanita untuk melakukan apa yang kita inginkan. Kapan pun kita mau, dengan siapa pun yang kita inginkan, di mana pun kita inginkan, dan selama yang kita inginkan. Dan menurutku, wanita mandiri secara finansial itu bisa banget, intinya di sini kita gak harus bergantung dengan orang lain, jadi kita bisa juga menuhin kebutuhan kita sendiri jika kita punya fungsi lain dalam keluarga. Misalnya aku sebagai kakak, aku masih punya kewajiban untuk membantu kedua orang tua saat mereka masih ada, sekarang mereka udah pergi, aku jadi bantuin adik-adik. Jadi kalau kita bisa mendiri secara finansial, kita itu gak harus ngerepotin suami, kita bisa bantu saudara kita kapanpun kita mau. Karena we can make it own money, jadi ada kebebasan untuk menghasilkan uang, jadi buat aku freedom financial itu mahal. Jadi kalau mau beli apapun, hajar aja, karena kita udah punya cuan sendiri. Selain itu, freedom financial juga indah sih menurut aku,” tutul Aline, saat sesi webinar ‘Women & Financial Wellness’ yang digelar Tokocrypto, sebagaimana dipantau HerStory, Selasa (30/11/2021)

Dikatakan Aline, memiliki mindset untuk dapat mencapai financial freedom bukanlah hal yang instan. Ini karena financial freedom itu sendiri adalah sebuah maraton yang panjang. Setidaknya, kata dia, ada 3 poin penting untuk memulainya.

“Jadi ada 3 poin penting banget, yakni pilarnya itu pondasi dulu ya, itu dasarnya. Kemudian adalah perencanaan, dan terakhir mindset. Nah yang masuk pondasi itu misalnya kita tahu uang kita itu larinya kemana. Kemudian jangan lupa juga selain asyik berinvestasi, kita juga jangan lupa dana daruratnya jangan keteteran. Sesuaikan dengan profil dan peranan masing-masing. Jadi yang masih single tentu beda dong dana daruratnya dengan yang sudah menikah. Kemudian beda lagi dengan yang udah berkeluarga plus sandwich generation. Kemudian kurangin gunain paylater. Jangan terlena karena itu utang konsumtif yang bunganya tinggi. Dan jangan lupa juga investasi. Baik ke diri sendiri, maupun juga investasi ke instrument atau asset investasi yang sesuai dengan profil risiko kita. Nah itu soal pondasinya,” papar Aline.

Halaman: