Menu

Khusus Penyandang Diabetes! Sarapan Paling Baik Dilakukan saat Jam Segini, Awas Jangan Sampai Bikin Gula Darah Kacau

Nada Saffana
02 Desember 2021 07:56 WIB
Khusus Penyandang Diabetes! Sarapan Paling Baik Dilakukan saat Jam Segini, Awas Jangan Sampai Bikin Gula Darah Kacau

Menu sarapan. (Unsplash/Element5 Digital)

HerStory, Jakarta —

Bagi penyandang diabetes, penting untuk mengetahui bahwa asupan makanan adahal faktor yang paling penting mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh, termasuk waktu sarapan.

Banyak yang sepakat bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Khusus penyandang diabetes, bahkan sebaiknya tak pernah melewatkan sarapan dan harus memakannya pada waktu yang tepat.

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup, di mana terjadinya gangguan metabolisme sehingga tubu tak dapat memanfaatkan atau memproduksi hormon insulin. Padahal horomon insulin sangat penting untuk mengatur kadar gula darah. 

Makan makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar gula, dan melewatkan sarapan sama sekali dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba yang juga tidak sehat.

Oleh karena itu, dalam hal sarapan, penyandang  diabetes perlu mencapai keseimbangan yang tepat. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa melewatkan sarapan sesekali dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, makan di pagi hari (lebih awal dari 08:30) dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih rendah dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah daripada orang yang makan pertama mereka di kemudian hari.

Selain itu, dilansir dari healthshots (2/12/2021) sebuah studi baru yang diterbitkan di ENDO 2021, dan dipresentasikan baru-baru ini di konferensi tahunan The Endocrine Society, menemukan bahwa makan di pagi hari dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme lainnya. Praktik ini bahkan dapat membantu Anda menghindari faktor risiko terkait diabetes, seperti kelebihan berat badan.

Share Artikel: