Menu

Mengenal Dekubitus yang Dialami Edelenyi Laura Anna karena Terlalu Lama Duduk

Shilvia Restu Dwicahyani
03 Desember 2021 11:15 WIB
Mengenal Dekubitus yang Dialami Edelenyi Laura Anna karena Terlalu Lama Duduk

Edelenyi Laura Anna. (instagram/edlnlaura)

HerStory, Sukabumi —

Selebgram Edelenyi Laura Anna yang akrab disapa Laura dikabarkan menuntut keadilan atas kejadian yang menimpanya 2 tahun lalu. Atas kejadian tersebut, Laura harus menjalani bed rest untuk memulihkan kondisinya yang kini lumpuh. 

Pada Desember 2019, Laura bersama mantan kekasihnya Gaga mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan Laura lumpuh total karena terkena servikal vertebat disslocation dan salah sarafnya terjepit

Buntut dari kondisi tersebut membuat Laura harus mengalami ulkus dekubitus karena terlalu lama berbaring lantaran gerak tubuh Laura yang terbatas. 

Apa Itu Ulkus Dekubitus? 

Ulkus dekubitus merupakan kondisi kulit yang mengalami luka akibat adanya tekanan. Seperti pada punggung, tumit, siku, pinggul dan tulang ekor. 

Hal ini dipicu oleh berkurangnya suplai darah pada area tersebut sehingga berujung kerusakan atau luka. 

Kondisi ini memang rentan dialami pasien yang sedang melakukan perawatan istirahat total dalam kurun waktu panjang. Seperti pada pasien koma, lumpuh, atau keterbatasan dalam bergerak. 

Selain karena ketiga kondisi tersebut, ada juga faktor lain yang memicu terjadinya ulkus dekubitus. Diantaranya riwayat diabetes melitus, kurang nutrisi termasuk asupan cairan yang kurang, dan kulit rentan luka terlebih bagi kelompok usia lanjut.