Menu

Jangan Mengejan Saat BAB! Risikonya Parah Banget, Lho

Noorma Amalia Siregar
04 Desember 2021 12:00 WIB
Jangan Mengejan Saat BAB! Risikonya Parah Banget, Lho

Ilustrasi sedang buang air besar. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Medan —

Beberapa orang pernah merasakan kesulitan untuk buang air besar (BAB). Hal tersebut kemudian membuat mereka terpaksa untuk mengejan saat BAB.

Ternyata, kebiasaan itu gak baik dan dapat berakibat buruk, lho. dokter spesialis bedah dari Universitas Udayana, dr. Heru Sutanto K, SpB menyarankan untuk tak mengejan saat BAB.

Pasalnya, mengejan saat BAB dapat mengakibatkan wasir yang ditandai dengan keluarnya benjolan di anus. Untuk memperlancar BAB tanpa mengejan, Heru Sutanto menyarankan untuk memperhatikan gaya hidup.

Ia menyarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan kaya serat. Selain itu, mengurangi konsumsi daging dapat memperlancar BAB.

"Jangan mengejan, kuncinya (agar tak kena wasir)," kata dr. Heru Sutanto K, SpB melansir Suara.com.

"Kalau kita makan serat, sayuran tidak tercerna masuk ke usus besar berusaha mengimbangi efek penyerapan air oleh usus besar sehingga konsistensi feses lembek tidak keras," tutur dia.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Share Artikel: