Menu

Kamu Sering Gak Sarapan? Awas! 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintaimu

06 Desember 2021 07:18 WIB
Kamu Sering Gak Sarapan? Awas! 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintaimu

Ilustrasi sarapan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Banyak yang mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Tetapi, banyak juga orang yang mengabaikan fakta ini dan mencoba melewatkan sarapan karena berbagai alasan.

Ternyata sebenarnya sering melewatkan sarapan dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, kesehatan hormonal yang tak normal, memori, kognisi, dan suasana hati lho.

Melewatkan sarapan juga bisa mengancam metabolisme tubuh. Dikatakan bahwa tingkat metabolisme tinggi di awal hari, oleh karena itu, ini adalah waktu ideal yang dibutuhkan tubuh untuk diberi makan dengan nutrisi yang kaya. Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan yang berbahaya.

Dilansir dari Boldsky (6/12/2021) berikut beberapa daftar efek buruk dari melewatkan sarapan yang wajib diketahui:

Bahayakan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, orang-orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Selain itu, orang yang menghindari sarapan juga memiliki peningkatan kerentanan terhadap hipertensi dan penyumbatan arteri

Oleh karena itu, disarankan untuk menikmati sarapan yang sehat agar dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Risiko Lebih Tinggi Terkena Diabetes Tipe 2

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, wanita yang memiliki kebiasaan melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan wanita yang sarapan setiap hari.

Kenaikan Berat Badan

Orang yang melewatkan sarapan pagi juga berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan. Melewatkan sarapan memicu keinginan untuk makanan manis dan berlemak. Ini pada gilirannya berkontribusi pada penambahan berat badan.

Penyebab Migrain

Melewatkan sarapan memicu penurunan kadar gula secara besar-besaran. Ini juga meningkatkan tekanan darah yang memicu migrain dan sakit kepala.

Menurunkan Tingkat Konsentrasi

Melewatkan sarapan juga menurunkan tingkat konsentrasi. Ini juga mempengaruhi memori dan koordinasi.

Membuat Mudah Marah

Melewatkan sarapan membuat seseorang menjadi pemarah dan gelisah. Ada kehilangan energi dan kurangnya perhatian yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Jangan Skip Sarapan Ya! Terlebih untuk Kamu yang Miliki Diabetes...

Baca Juga: Dear Working Moms, Yuk Buat Pagi Hari Jauh Lebih Praktis dengan 4 Resep Menu Sarapan Simple Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.