Sampai saat ini, virus corona di Indonesia masih belum mengalami penurunan secara signifikan dan masih bertambah di sejumlah wilayah. Bahkan, pemerintahan Indonesia ingin menerapkan kehidupan baru alias new normal. Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat akan kembali beraktivitas seperti biasa, dari anak sekolah hingga bekerja di kantor

Oleh karena itu, potensi masyarakat terpaparnya virus corona akan semakin banyak karena sebentar lagi masyarakat akan keluar dari rumahnya masing-masing untuk menjalankan aktivitas. Namun, yang tetap di rumah, bukan berarti kamu juga enggak bisa terpapar virus ini lho. Banyak orang yang terkena virus corona meskipun mereka tetap di rumah.

Baca Juga:Tambah 703 Kasus Corona! Ini 10 Provinsi yang Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi, Jawa Timur Mendominasi!

Lalu apa alasannya? Bagaimana bisa terkena padahal sudah di rumah? Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/6/2020) berikut beberapa masalah yang dapat menyebabkan terkenanya virus corona meski di rumah saja.

Terjangkit virus corona walaupun di rumah

Dilansir dari laman CNBC, ada beberapa orang yang terkena virus corona meski di rumah saja. Seperti di New York, sekitar 66 persen pasien virus corona merupakan orang yang selama ini diam diri di rumah dan mengaku enggak keluar rumah sama sekali. Banyak yang mengira bahwa mereka sebenarnya menggunakan transportasi umum atau keluar rumah.

Meski begitu, enggak semua orang betah di rumah dalam jangka waktu yang cukup panjang, walaupun mereka mengungkapkan kalau mereka enggak keluar rumah. Padahal mereka pasti pergi keluar untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Menurut Profesor kedokteran di Yale School of Medicine Joseph Vinetz mengatakan bahwa virus corona tetap menjalankan tugasnya apabila manusia nekat melanggar kedisplinannya.

Baca Juga: Selain Corona, Ilmuwan Sebut Ada 2 Juta Virus di Tubuh Hewan Mengintai Kesehatan Manusia

Jarang cuci tangan

Dilansir dari Healthline, seseorang yang tetap di rumah wajib mencuci tangan setiap saat. Bukan berarti enggak keluar rumah, jadi seenaknya enggak cuci tangan kamu yang kotor. Selain kotor, tangan kamu itu berpotensi menyimpan virus corona.

Misalnya, ada tetangga kamu yang terpapar virus corona. Enggak sengaja memegang pagar rumah kamu. Alhasil ketika kamu sedang berada di teras dan kebetulan memegang lokasi yang sama seperti dipegang tetangga kamu, sudah pasti terkena virus corona.

Oleh karena itu, mencuci tanganlah yang rajin dengan sabun, dan menggosok tangan selama 20 detik sampai bersih. Baik itu jari-jari kamu sampai kuku kamu.

Menggunakan gelas yang sama

Manyoritas yang tinggal di rumah enggak sendirian. Baik itu tinggal dengan orang tua, keluarga, dan lainnya. Berhubung kamu tetap berinteraksi dengan orang lain meskipun di rumah, kamu wajib mewaspadainya juga lho. Salah satunya jangan menggunakan gelas yang sama. 

Karena kita enggak tahu, apakah salah satu dari keluargamu ada yang terpapar virus corona, namun enggak menunjukkan gejala-gejala terkena virus corona. Jika menggunakan gelas yang sama, penyebaran virus corona bisa terjadi lebih cepat.

Baca Juga: Studi: Berhubungan Seks Harus Menggunakan Masker Agar Terhindar dari Virus Corona!

Sering menyentuh wajah

saat kamu sedang menjalankan tugas di tengah psbb, pastinya kamu enggak full work from home kan? Ada juga satu atau dua kali berangkat kekantor. Ketika sedang berada di luar, pastinya dong kamu memegang HP kamu atau gadget kamu.

Padahal kamu enggak tahu kamu habis memegang barang apa sebelum memegang HP. Bisajadi barang yang kamu pegang terpapar virus corona. Sehingga virus coronanya menempel di HP kamu.

Saat sudah pulang ke rumah, kamu sudah cuci tangan dan membersihkan diri. Namun, kamu lupa untuk membersihkan HP kamu menggunakan alkohol. Kemudian sehabis memegang HP, kamu memegang wajah kamu atau mata kamu.

Bisajadi virus corona yang menempel di HP kamu masuk melewati mata, hidung, atau mulut. Oleh karena itu, harus diwaspadai ya!