Menu

Mitos atau Fakta Masturbasi Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Ini Jawabannya

Cherryn Lagustya
06 Desember 2021 22:10 WIB
Mitos atau Fakta Masturbasi Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Ini Jawabannya

Ilustrasi pasangan suami istri yang sedang berhubungan intim. (Google/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang dilakukan oleh pria maupun wanita dengan merangsang alat kelamin sendiri demi mendapat kepuasan maupun kesenangan.

Banyak stigma seputar masturbasi baik untuk pria maupun wanita dapat membantu meningkatkan imun. Namun benarkah demikian?

Departemen Psikologi Medis di Klinik Universitas Essen, Jerman, yang diterbitkan dalam jurnal Neuroimmunomodulation pada 2004, melakukan penelitian pada kelompok yang terdiri dari 11 peserta laki-laki.

Penelitian ini mengamati efek orgasme melalui masturbasi terhadap jumlah sel darah dan sistem kekebalan tubuh. Jumlah sel darah putih setiap peserta dicatat lima menit sebelum dan 45 menit setelah mencapai orgasme tunggal, dan jumlah pasca-orgasme lebih tinggi.

Apakah penelitian kecil ini berarti bahwa orang harus mulai memanjakan diri dalam kesenangan sendiri agar tetap sehat? Tidak secepat itu.

"Ada beberapa penelitian yang sangat kecil yang menunjukkan bahwa bahan kimia yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh rangsangan seksual," ungkap Gail Saltz, MD, seorang profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian New York, Sekolah Kedokteran Weill-Cornell.

Namun, dia menunjukkan bahwa studi tersebut sangat kecil dan belum direplikasi. “Sepengetahuan saya, tidak ada penelitian yang mengatakan secara spesifik bahwa masturbasi meningkatkan sistem kekebalan dengan cara yang mencegah atau membantu melawan infeksi,” kata Dr. Saltz.

Namun bukan berarti masturbasi tidak membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik lho. Meskipun beberapa penelitian secara khusus berfokus pada manfaat seks, orgasme secara umum diyakini dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meningkatkan harga diri, dan menghilangkan rasa sakit.

Meskipun gak ada studi besar yang solid secara ilmiah, yang menunjukkan hubungan yang jelas antara masturbasi dan pelepasan endorfin (bahan kimia pereda stres dan nyeri) di otak, aktivitas fisik secara umum membantu meningkatkan zat kimia perasaan nyaman tersebut. 

Menurut Mayo Clinic, hampir semua bentuk olahraga dapat bertindak sebagai penghilang stres. Dan masturbasi dianggap sebagai aktivitas fisik.

Jadi, apakah masturbasi dapat mencegahmu dari sakit? Jawabannya tidak. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Kamu perlu memulai dengan diet dan olahraga. 

"Cara paling penting untuk menjaga agar sistem kekebalanmu berfungsi normal adalah cara kuno yang tidak disukai siapa pun, diet dan olahraga," kata Timothy Mainardi, MD, ahli alergi dan imunologi yang berbasis di New York City.

Kiat meningkatkan kekebalan lainnya dari Mainardi adalah tidur, mencuci tangan dengan sabun dan air, dan menggunakan pembersih tangan saat keluar di tempat umum.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel: