Menu

Kupas Tuntas soal Natal Teeth, Kondisi Tumbuh Gigi pada Bayi Baru Lahir

Nada Saffana
07 Desember 2021 14:45 WIB
Kupas Tuntas soal Natal Teeth, Kondisi Tumbuh Gigi pada Bayi Baru Lahir

Bayi dengan dua gigi yang baru tumbuh. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan fenomena natal teeth yang dialami oleh anak kedua pasangan Arief Muhammad dan Tiara Pangestika. Banyak yang mempertanyakan terkait kondisi di mana bayi baru lahir sudah tumbuh gigi.

Untuk itu, HerStory pun berbincang dengan Dokter Gigi spesialis Kedokteran Gigi Anak, drg. Danar Pradipta, Sp.KGA dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari untuk membahas terkait kondisi natal teeth yang jarang terjadi.

Apa Itu Natal Teeth?

"Natal teeth itu sebenarnya gigi yang erupsi atau muncul yang muncul ke dalam rongga mulut itu jadi pada saat sudah pada saat terakhir itu sudah ada giginya sudah ada pada saat bayi tersebut lahir, padahal biasanya gigi bayi akan tumbuh setelah beberapa bulan lahir kan. Beda lagi dengan neonatal belum ada tapi dalam 30 hari awal atau 1 bulan awal kehidupan itu yang muncul karena normalnya Biasanya kalau untuk di depan ya depan ya gigi depan itu baru muncul 6 bulan kurang lebih 6 bulan," tutur drg. Danar saat live instagram bersama HerStory.

Apa Penyebab Natal Teeth?

"Kalau penyebab pastinya sendiri itu belum diketahui jadi memang masih simpang siur ya, memang belum belum ketahuan secara jelas gitu. Ya ada beberapa faktor yang mungkin bisa memicu, tapi itupun juga belum ada yang menyebutkan bahwa itu merupakan hubungan langsung penyebab natal teeth. Belum terbukti karena konsumsi makanan tertentu, seperi processed food atau lingkungan ga sehat yang banyak polutan. Ada yang bilang juga karena anak itu ada sindrom sehingga timbul natal teeth, tapi itu juga belum terbukti secara langsung," papar drg. Danar.

Share Artikel: