Menu

Beauty, Ternyata Ini Lho Cara Aman Cukur Bulu Kemaluan, Gak Pake Sakit!

Azka Elfriza
07 Desember 2021 18:55 WIB
Beauty, Ternyata Ini Lho Cara Aman Cukur Bulu Kemaluan, Gak Pake Sakit!

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Dainis Graveris)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pasti risih deh ya kalau bulu kemaluan tumbuh memanjang dan tambah lebat tapi bingung cara merawatnya. Biasanya, para wanita akan rutin memotong bulu kemaluan mereka saat sebelum atau sesudah menstruasi.

Dr. GM. Silvia M., MSc dalam chanel Dokter 24 yang dikutip dari Akurat.co mengatakan bahwa ada berbagai alasan saat seseorang memendekan rambut kemaluannya.

“Selain alasan kebersihan saat haid, bisa juga kenyamanan saat berhubungan intim,” jelasnya.

Dijelaskannya bahwa tak ada aturan yang mewajibkanmu untuk memendekan rambut kemaluan secara berkala. Tapi kalau kamu ingin melakukannya, maka Dokter Silvia menganjurkan untuk menggunakan gunting. Jangan dicukur dengan pisau cukur ya! Namun jika kamu menyukai melakukannya dengan waxing atau laser, maka sangat disarankan untuk dilakukan oleh ahli yang profesional.

“Selanjutnya, pastikan untuk menjaga kebersihan area genital. Karena setelah dipendekan, bisa menimbulkan abses atau penumpukan nanah yang disebabkan oleh bakteri yang masuk malaui folikel rambut yang terbuka,” jelasnya.

Selanjutnya, bersiaplah dengan rasa gak nyaman yang timbul karena sisa rambut yang tumbuh ke dalam. Hal ini gak membahayakan kok. Namun akan menimbulkan sedikit rasa sakit, gatal, dan risih.

“Jika kamu menggunakan krim penghilang rambut untuk menghilangkan rambut kemaluan, maka tetap hati-hati karena berisiko iritasi dan risiko menular seksual. Iya, karena membran kulit akan akan terkena dampak pemendekan sehingga bakteri lebih mudah masuk ke dalam pori-pori,” sambungnya.

Bagi wanita yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih, memendekan rambut kemaluan cukup dengan menggunting saja ya. Karena jika mencukur, akan berisiko terjadinya gesekan antar kulit, yang bisa menyebabkan iritasi.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.