Menu

5 Kiat Aman Liburan Akhir Tahun di Tengah Ancaman Omicron, Prokes Jangan Kendor Pokoknya!

Riana Agustian
08 Desember 2021 06:49 WIB
5 Kiat Aman Liburan Akhir Tahun di Tengah Ancaman Omicron, Prokes Jangan Kendor Pokoknya!

Ilustrasi pandemi yang belum juga usai. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Varian virus Corona baru, Omicron, telah ‘menginfeksi’ beberapa negara di dunia. Terkait hal itu, banyak orang bertanya bagaimana mereka dapat bepergian dengan aman di musim liburan akhir tahun ini?

Salah satu dokter di AS, Dr. John Torres, mengatakan bahwa setiap orang harus mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika mereka bepergian pada bulan Desember ini.

Dan harus diingat ya Beauty, momen liburan ini tentunya harus dibarengi dengan sikap mawas terhadap penyebaran Omicron. Peraturan kesehatan harus tetap dijalankan lebih disiplin agar tidak menimbulkan gelombang baru yang justru membahayakan diri sendiri ataupun orang terdekat.

Bagi kamu yang tetap ingin melakukan liburan akhir tahun, berikut HerStory telah merangkum 5 kiat aman melakukan liburan di tengah kemunculan varian Omicron, seperti dikutip dari Today, Rabu (8/12/2021).

1. Lakukan riset tentang kasus Covid-19 sebelum bepergian

Torres mengatakan, kunci dari bepergian yang aman pada situasi saat ini adalah bersikap sefleksibel mungkin. Penting bagi setiap orang selalu memantau situasi Covid-19 di tempat tujuan ketika ingin berpergian.

Jika area tujuan mengalami kenaikan kasus, coba kurangi jumlah orang yang akan mengikuti kegiatan saat berpergian. Pastikan pula semua orang yang berkegiatan bersama selalu aman.

"Kuncinya di musim liburan ini adalah tetap sefleksibel mungkin. Kamu harus memantau situasi Covid di daerah tersebut. Jika kembali meningkat, berpikir ulangnya untuk liburan ke tempat itu, dan memastikan semua orang tetap aman. Ingat, semua orang yang dapat divaksinasi harus divaksinasi,” tegasnya.

2. Lakukan vaksinasi!

Torres mengatakan bahwa yang terbaik adalah mendapatkan vaksinasi sebelum kamu bepergian, Beauty. Dan suntikan booster akan memberi kamu "perlindungan paling besar" ketika kamu bepergian.

“Kami tahu suntikan booster itu dapat meningkatkan efektivitas vaksin itu kembali,” katanya.