Menu

Waspada Jika Ketiak Masih Bau Meski Sudah Mandi, Berisiko Kena Penyakit Ini!

Riana Agustian
09 Desember 2021 09:15 WIB
Waspada Jika Ketiak Masih Bau Meski Sudah Mandi, Berisiko Kena Penyakit Ini!

Wanita dengan bau ketiak. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, mandi seharusnya membuat ketiakmu harum dan bersih kan? Tapi, gimana kalau ternyata ketiakmu masih berbau yang tak sedap setelah mandi, apa yang terjadi?

"Ketika seseorang merasa masih bau setelah mandi, biasanya itu adalah orang yang lebih rentan berkeringat, dan mungkin memiliki penumpukan bakteri di kulit yang berhubungan dengan keringat," papar Marisa Garshick, MD, Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center, sebagaimana dikutip HerStory dari Livestrong, Kamis (9/12/2021).

Berikut adalah 5 penyebab umum ketiak bau setelah mandi, yuk simak!

1. Antiperspirant Salah

Apakah Anda biasanya menggunakan antiperspirant setelah keluar dari kamar mandi di pagi hari? Itu mungkin tampak seperti cara paling efektif untuk mencegah keringat dan bau ketiak, tetapi kenyataannya tidak.

"Antiperspirant itu paling efektif bila digunakan sebelum tidur," kata Dr. Garshick.

Alasannya, antiperspirant bekerja dengan menyumbat kelenjar keringat di ketiak untuk mencegah keluarnya keringat. Nah, karena kelenjar keringat kosong di malam hari, mereka bisa menyerap lebih banyak antiperspirant.

Dan karena sebagian besar antiperspiran dirancang untuk bekerja selama 24 jam, mereka akan terus bekerja untuk menahan keringat bahkan setelah kamu mandi keesokan paginya.

Pastikan juga bahwa kamu menggunakan antiperspirant dibanding deodoran, yang menutupi bau tetapi tidak benar-benar menghentikan keringat, Beauty.

Halaman: