Menu

Kenapa Penderita Diabetes Rawan Terkena Gangren?

Sri Handari
09 Desember 2021 10:54 WIB
Kenapa Penderita Diabetes Rawan Terkena Gangren?

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms mungkin bertanya-tanya kenapa ya penderita diabetes rentan mengalami gangrene? Nah, ganrene itu sendiri adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan tubuh mengalami kematian. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi atau kurangnya suplai darah.

Melansir dari Healthline (09/12/2021), gangrene biasanya memengaruhi jari kaki, jari tangan, dan anggota badan. Selain itu, gangrene juga memengaruhi otot atau organ, tapi nggak umum, ya Moms. 

Hubungan antara diabetes dan gangren

Kalau Moms mengidap diabetes, risiko terkena gangrene pun semakin tinggi. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dapat merusak saraf sehingga menyebabkan hilangnya sensasi di area tertentu. Kondisi inilah yang bisa membuat Moms lebih mudah mengalami cedera. Gula darah tinggi juga bisa memengaruhi pembuluh darah dan membatasi aliran darah ke kaki.

Nah, kalau kaki Moms tidak mendapatkan sirkuliasi yang cukup, maka sel penangkal infeksi yang masuk ke kaki pun juga lebih sedikit. Sehingga luka apapun yang Moms alami bisa memakan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Nah, setiap luka berpotensi lebih mungkin untuk terinfeksi.

Share Artikel: