Menu

Hati-Hati! Ini Sederet Efek Negatif Jika Kamu Terlibat Hubungan TTM (Teman Tapi Mesra)!

11 Juni 2020 10:55 WIB
Hati-Hati! Ini Sederet Efek Negatif Jika Kamu Terlibat Hubungan TTM (Teman Tapi Mesra)!

Relationship (Unsplash/freestocks)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu pernah menjalani hubungan teman tapi mesra? Biasanya, teman tapi mesra berawal dari pertemanan platonik yang sama sekali tidak bertujuan untuk menjalin hubungan asmara. Teman tapi mesra berarti ada komitmen berkelanjutan di dalamnya. Lebih parahnya lagi, tidak jelas batasan antara pertemanan tulus atau bukan ketika sudah masuk ke ranah friend with benefit.

Seperti yang HerStory rangkum dilansir dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020). Status teman tapi mesra bisa terjadi ketika memasuki usia dewasa 18-29 tahun, bahkan sampai sebelum mengikat komitmen pernikahan. Pada usia ini, seseorang mulai merasakan kemerdekaan secara sosial dan memberi ruang terbentuknya teman tapi mesra. Padahal, ada beberapa efek negatif ketika terjebak dalam hubungan teman tapi mesra. Apa saja efek negatif tersebut? Yuk, langsung aja simak terus ulasan berikut ini ya, Beauty!

Baca Juga: Perlu Dihindari! 5 Ciri Ini Menandakan Kalau Temanmu Toxic, Apa Saja Ya?

Baca Juga: Katanya 3 Zodiak Ini Susah Diajak Berteman, Emang Iya?

Baca Juga: Bak Sahabat Jadi Cinta, Sederet Artis Ini Menikah dengan Temannya Sendiri! Siapa Saja Ya?

Bertepuk sebelah tangan

Hubungan teman tapi mesra bisa juga membuat salah satu pihak merasa jatuh cinta kepada yang lain. Namun, belum tentu perasaan ini bersambut. Apabila rasa ini bertepuk sebelah tangan, maka tak ada lagi yang bisa dipaksakan. Belum lagi jika lawan dalam hubungan teman tapi mesra menemukan pasangan sejatinya, maka tak ada yang bisa diperjuangkan.

Rentan merusak hubungan pertemanan

Ketika dua orang terlibat dalam teman tapi mesra, artinya mereka sama-sama merasa nyaman dengan kehadiran satu sama lain. Sayangnya, rasa nyaman ini dibawa terlalu jauh sehingga keintiman mereka menjadi bias. Pada akhirnya, ketika hubungan teman tapi mesra mengalami masalah, pertemanan pun juga terancam bubar.

Berpengaruh pada lingkungan sosial

Pertemanan antara dua orang yang terlibat dalam status teman tapi mesra bukan hanya tentang keduanya saja. Tapi, ada lingkaran pertemanan lain yang juga ikut terseret. Pun ketika muncul masalah pada kedekatan orang yang terlibat dalam status teman tapi mesra, ini juga akan berpengaruh pada dinamika kelompok pertemanan lebih besar.

Bisa timbulkan rasa cemburu

Hal tidak nyaman lain yang mungkin terjadi adalah ketika salah satu pihak dalam status teman tapi mesra mendekati orang lain, maka sangat mungkin muncul rasa cemburu. Namun, berbeda dengan pasangan resmi, tidak ada hak untuk merasa cemburu atau menuntut penjelasan. Secara logika, hal ini akan mengganggu dan bisa menyebabkan pertengkaran. Ketika terjadi pertengkaran, maka tak hanya hubungan teman tapi mesra saja yang terancam bubar, tapi juga pertemanan antara keduanya.

Menutup pintu komitmen lebih serius

Kesepakatan untuk sama-sama menjalani hubungan teman tapi mesra sama biasanya dilandasi nafsu sesaat. Ketika kedua belah pihak sama-sama merasa cocok dan senang menjalani hubungan pertemanan yang sangat dekat, itulah awal mula terjadinya status teman tapi mesra. Parahnya lagi, hubungan teman tapi mesra bisa berlangsung cukup lama. Tanpa disadari, selama menjalani hubungan ini artinya tertutup pula pintu menjalani komitmen lebih serius. Mungkin ada orang yang memang serius ingin mencari pasangan dan siap berkomitmen, namun tertutup asyiknya menjalani hubungan teman tapi mesra.