Menu

5 Pantangan Ibu Hamil pada Trimester Pertama, Jauhin Ya Moms!

14 Desember 2021 16:50 WIB
5 Pantangan Ibu Hamil pada Trimester Pertama, Jauhin Ya Moms!

Ibu hamil. (Freepik/senivpetro)

HerStory, Bekasi —

Pada trimester pertama kebanyakan ibu hamil mengalami morning sickness alias mual berulang. Ada banyak pantangan di trimester pertama yang diberlakukan kepada ibu hamil untuk menjaga keselamatan kehamilan dan janin.

Meski begitu, gak perlu menghindari semua hal yang katanya 'enggak baik' untuk kehamilan. Supaya gak salah, ini 5 pantangan di trimester pertama yang perlu Anda tahu, seperti dilansir dari Mayo Clinic.

1. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat membahayakan janin. Merokok ataupun terpapar asap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Dan ibu yang minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yang berdampak pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa depan.

Gak hanya di trimester pertama, dua hal ini juga sangat terlarang dilakukan di trimester berikutnya, bahkan hingga Anda melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak.

2. Konsumsi makanan mentah

Makanan mentah, seperti steak setengah matang, telur mentah, susu yang nggak dipasteurisasi, bahkan sayuran mentah, dapat berpotensi menyebabkan cacat lahir maupun keguguran akibat bakteri atau kuman yang menempel di sana. Anda juga berisiko mengalami keracunan makanan karena mengonsumsi makanan mentah atau yang belum matang.

3. Sauna atau berendam dalam air panas

Meski dapat membantu Anda merasa lebih rileks, berendam dalam air panas ataupun sauna berbahaya untuk Anda yang sedang hamil muda. Penelitian menemukan bahwa melakukan hal-hal tersebut selama trimester pertama dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua kali lipat.

Berendam dalam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan ini dapat menyebabkan masalah pada janin yang meningkatkan risiko cacat lahir.

Baca Juga: Picu Cacat, Bumil Sebaiknya Jangan Konsumi 3 Makanan Ini

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini 4 Pantangan Ibu Hamil pada Trimester Pertama

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya