Menjalani dua peran sekaligus menjadi seorang wanita karier dan ibu rumah tangga, tentu banyak menguras tenaga. Di samping menyelesaikan tanggung jawabmu di kantor dan juga di rumah, sudah sepatutnya kalau kamu tetap menjaga tubur agar tetap sehat dan bugar. Selain menjaga pola makan yang sehat, kamu pun harus menyelinginya dengan berolahraga. Baik sebelum berangkat bekerja atau mungkin olahraga ringan di depan meja kantor di tengah kesibukan pekerjaanmu.

Olahraga ringan tersebut berupa peregangan tubuh, misalnya. Sebeapa penting sih meregangkan tubuh di sela-sela waktu bekerja? Mengutip dari laman promkes.kemkes.go,id, dengan melakukan peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja mampu menjaga fleksibilitas otot, melancarkan aliran darah, meningkatkan kebugaran, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Dear Working Moms, Yuk Buat Pagi Hari Jauh Lebih Praktis dengan 4 Resep Menu Sarapan Simple Ini!

Lalu, apa saja olahraga ringan yang bisa dilakukan? Daripada penasaran, yuk simak empat olahraga ringan yang bisa kamu lakukan, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020).

Putar bahu dan kepala

Dalam posisi duduk kamu bisa melakukan olahraga ringan. Pastikan kalau kamu duduk dalam keadaan tegak, tarik napas dalam-dalam sambil angkat kedua bahu setinggi telinga. Tahan napas selama 5 detik dan perlahan jatuhkan bahu ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali ya, Beauty.

Setekah itu, angguk dan gelengkan kepala secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali. Kedua gerakan ini membuat otot sekitar kepala, leher, punggung, dan tangan jauh lebih rileks dan aliran darah lebih lancar.

Desk push-up

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan meja kantor untuk melakukan gerakan ini. Berdiri beberapa langkah di depan meja dengan kaki yang rapat. Letakkan tangan di pinggir meja selebar bahu. Posisikan dada mengarah dekat ke sisi meja seperti melakukan push up. Lalukan gerakan ini beberapa kali dan ulangi.

Baca Juga: Catat Yuk Working Moms, Sederet Tips Atur Jadwal Liburan biar Gak Stres Bekerja!

Up and Sit

Kamu juga bisa melakukan gerakan up and sit kalau badan sudah terasa kaku dan pegal. Caranya gampang, cuma duduk dan berdiri tanpa bantuan tangan. Kamu bisa mengulangi gerakan ini 5-10 kali.

Peregangan jari dan tangan

Terakhir kamu bisa melakukan gerakan ini di tengah kesibukan bekerja. Dalam keadaan duduk, angkat dan luruskan kedua tangan mulai dari posisi di depan tubuh hingga atas kepala. Selanjutnya, miringkan tubuh ke kiri dan ke kanan. Regangkan lengan ke sisi kiri dan ke kanan selama 10-30 detik.

Semoga bermanfaat!