Menu

Sering Insomnia? 5 Teh Herbal Ini Membuat Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

Witri Nasuha
28 Januari 2020 15:00 WIB
Sering Insomnia? 5 Teh Herbal Ini Membuat Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

Ilustrasi seorang wanita yang sedang minum teh (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memiliki tidur cukup dengan kualitas yang baik sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tapi nyatanya, sekitar 30 persen orang di seluruh dunia ini mengalami gangguan sulit tidur seperti insomnia atau kurang tidur. 

Insomnia merupakan jenis gangguan tidur di mana menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau kurang tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Kalau hal ini terjadi dalam jangka panjang sangat fatal dampaknya bagi kesehatan. 

Banyak obat medis yang bisa mengatasi insomnia, tapi bahayanya jika memiliki efek samping yang bisa menyebabkan gangguan perhatian, kantuk, atau bahkan depresi. 

Kalau di antara Beauty ada yang mengalami insomnia, ada baiknya mengobati insomnia dengan bahan alami, salah satunya dengan mengonsumsi teh herbal. Teh herbal alami mampu membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. Apalagi kalau dilengkapi dengan obat penenang alami, di jamin deh saat bangun tubuh terasa lebih segar!

Nah, Beauty penasaran enggak sih teh herbal apa aja yang bisa membuat kualitas tidurmu jadi lebih baik? Melansir dari laman Boldsky, berikut HerStory rangkum lima di antaranya:

Teh Lavender

Tahu enggak sih kamu, kalau teh lavender diyakini memiliki sifat hipnotis, penyembuhan dan juga terapi lho! Teh ini juga membantumu menstabilkan suasana hati dan meningkatkan perasaan positif dalam pikiranmu. Teh lavender memiliki efek neurologis yang membantu tidur menjadi lebih nyenyak ketika dikonsumsi sebelum tidur.

Membuatnya cukup mudah, kamu bisa menuang dua gelas air panas dalam 2-3 bunga lavender segar. Biarkan campuran selama 10 menit, kemudia saring dan teh siap disajikan. Untuk hasil yang lebih baik, jangan meminumnya lebih dari tiga gelas dalam sehari ya.

Teh Hop

Teh Hop merupakan teh dari bunga Hop yang tubuh pada tanaman Humulus Lulupus. Ramuan obat penenang ini bisa meningkatkan aktivitas neurotransmiter dan menenangkan pikiran juga sistem saraf pusat. Makanya, teh ini dipercaya bisa membuatmu tidur lebih nyenyak.

Kamu bisa menuangkan secangkir air panas ke dalam dua sendok teh bunga hop kering. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian saring dan tambahkan madu atau gula baru deh diminum. Gampang banget kan!

Teh Pisang

Nah, selain itu kamu juga bisa mengonsumsi teh pisang. Pisang dikemas dengan magnesium dan kalium yang bisa mengendurkan pembuluh darah, menenangkan sistem saraf dan otot. Dengan mengonsumsi teh pisang, tidurmu akan cepat dan pastinya nyenyak. 

Potong pisang organik dalam beberapa potongan kemudian rebus dalam air dan diamkan selama 10 menit. Saring pisang dan minum airnya satu jam sebelum tidur.

Teh Hijau

Dengan kafein yang lebih sedikit, teh hijau juga mampu membantu meningkatkan kualitas tidur. Enggak cuma itu, teh hijau juga mampu menurunkan stres dan kecemasan. Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi teh hijau setiap harinya dapat menurunkan risiko demensia pada orang tua.

Teh sereh

Terakhir kamu bisa membuat teh herbal dengan daun sereh. Sereh atau serai adalah jenis rumput panjang dan tebal dengan ujung berwarna merah muda. Di dalamnya mengandung hipnosis yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Serai menyebabkan efek beurobehavioral yang dapat menenangkan pikiran dan menghalangi homon stres untuk tidur yang lebih baik.

Untuk membuatnya, kamu bisa menambahkan satu cangkir batang serai ke dalam dua gelas air dan rebus selama lima menit dalam api besar. Kecilkan api dan biarkan curam selama lima menit. Saring campuran teh dan tambahkan dengan madu atau gula. Gampang banget kan! Let's try it!

Share Artikel: