Menu

Jangan Remehkan! Mental Block Bisa Bebani Psikis dan Fisik, Cegah dengan Cara Ini

17 Desember 2021 14:20 WIB
Jangan Remehkan! Mental Block Bisa Bebani Psikis dan Fisik, Cegah dengan Cara Ini

Seorang wanita yang sedang duduk di bangku hitam (Unsplash/Anthony Tran)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mendengar istilah mental block?

Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin masih asing di telinga, tapi kondisi mental ini jelas mengganggu lho.

Dikutip dari Tony Robbins, mental block merupakan kondisi dimana kita tak mampu berkonsentrasi. Ketidakmampuan berpikir jernih juga termasuk dalam mental block. Nah, mental block juga disebut kelelahan mental, Beauty. 

Menurut Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga dari KLEE, Debora Basaria, M.Psi, Psikolog., mental block ini umumnya ditandai dengan kondisi seperti individu itu merasa gak berdaya dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Lalu, orang tersebut pun menjadi sangat sensitif terhadap sesuatu.

“Pada awalnya, mungkin fenomena ini terkesan biasa saja, tetapi bila terjadi terlalu sering, itu dapat membebani psikis dan fisik. Jadi, poin utamanya, orang yang mengalami mental block ini, dia akan kesulitan mengakses pikirannya untuk bisa mengeluarkan ide, kreativitas, dan hal-hal yang sebtulnyadia mampu untuk lakukan,” papar Debora, saat sesi Instalive, sebagaimana dipantau HerStory, beberapa waktu lalu.

Debora bilang, siapapun bisa mengalami mental block ini. Telebih kepada mereka yang yang dibebani tuntutan dan harapan-harapan dalam kehidupannya.

“Jadi, perlakukan kita ke orang yang terindikasi mental block ini pun harus diperhatikan. Kita harus memperlakukan mereka dengan nyaman. Karena kalau misalnya kita nuntut mereka yang melebihi kemampuannya itu bisa menjadi masalah. Mereka bisa stress, yang kalau stress-nya gak bisa diatasi bisa menjadi burn out, dan itu pasti akan menggangu mereka,” papar Debora.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi mental block ini? Kata Debora, caranya, kita harus bisa mengontrol diri sendiri.

“Karena yang tau tentang kondisi kita, ya kita sendiri. Jadi kalau udah cape ya berhenti. Dan sebenernya, mengatasi mental block itu yang penting harus kita fokus dengan apa yang dilakukan saat ini, istilahnya living in the moment, lah ya,” imbuh Debora.

Debora juga bilang, mental block ini pun bisa dicegah. Tapi, lagi-lagi kata dia, yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui limit dan kapasitas diri sendiri.

“Intinya, jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk beristirahat dan makan makanan bergizi tentunya. Kita juga harus percaya akan kemampuan diri sendiri. Intinya, self efficacy atau keyakinan terhadap diri sendirijuga harus dinaikkin,” pungkasnya.

Baca Juga: Waspada! Sederet Tanda Kamu Terkena Gangguan Mental Akibat Media Sosial, Apa Saja Ya?

Baca Juga: Kebiasaan 'Ngutang' Bisa Sebabkan Gangguan Mental? Benar Enggak Sih?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.