Menu

Orang Tua Harus Tahu! 5 Tips Ajarkan Anak Remaja Supaya Gak Insecure dengan Bentuk Tubuh, Jadi Panutan Bukan Menghancurkan

21 Desember 2021 17:00 WIB
Orang Tua Harus Tahu! 5 Tips Ajarkan Anak Remaja Supaya Gak Insecure dengan Bentuk Tubuh, Jadi Panutan Bukan Menghancurkan

Ilustrasi remaja. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Memasuki masa remaja, perempuan akan mengalami perubahan fisik di mana bagian dada dan pinggul biasanya akan lebih membesar. Gak jarang remaja gemar membandingkan tubuhnya dengan orang lain, bahkan terobsesi memiliki body goals.

Padahal, perasaan harga diri yang rendah dan citra tubuh dapat menjadi pemicu langsung masalah kesehatan mental, dan karenanya perlu perhatian segera.

Untuk membantu para remaja menjadi lebih positif terhadap tubuhnya sendiri, perlu dilakukan dari rumah. Dikutip dari Times of India, begini cara mengajarkan remaja perempuan agar gak insecure atau minder dengan penampilan dan mulai belajar mencintai diri sendiri!

1. Mulai dengan berbicara pada waktu yang tepat

Masa pubertas berpengaruh besar pada pertumbuhan tubuh pra-remaja. Masa ini juga anak mengalami sebagian besar perubahan, dari segi penampilan dan menjadi lebih sadar tentang diri mereka sendiri. Meski normal, orangutua harus menjelaskan, terutama membantu mereka menerima semua perubahan yang terjadi.

Misalnya penambahan berat badan, rambut wajah pada laki-laki, pertumbuhan rambut secara keseluruhan, menjadi perubahan umum yang tidak bisa dihindari. Jelaskan pentingnya percaya diri, memiliki kepribadian yang positif, dan melihat lebih dari sekadar penampilan. Semakin mereka merasa percaya diri, semakin kecil untuk jatuh ke dalam perangkap negativitas tubuh.

2. Kontrol apa yang mereka lihat di internet

Internet, iklan, gambar selebritis bisa menjadi jebakan bagi remaja untuk mulai merasa tidak aman. Foto yang diposting sering kali hanya sekadar ilusi dan dapat membuat anak-anak yang sedang tumbuh merusak diri mereka sendiri.

Platform media sosial juga dapat memberikan ruang untuk perbandingan, mempermalukan, bahkan validasi. Oleh karena itu, mengontrol atau menetapkan batasan pada apa yang dilihat atau dilakukan remaja secara online dapat membantu membimbing mereka tidak terpengaruh dengan body goals ilusi. Komunikasikan dengan anak tentang bahaya media sosial, ajarkan mereka tentang situs dan konten apa yang sesuai dan apa yang tidak.

3. Dorong untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat

Gaya hidup yang lebih sehat membuka pikiran dan tubuh yang lebih bugar. Jika dipraktikkan dengan benar, mereka juga dapat menyadari bahwa betapa perlunya memberi makan tubuh dengan benar, mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi, berolahraga, dan tidak hanya sekadar memoles penampilan.

4. Besarkan mereka untuk menjadi baik dan menerima orang-orang di sekitarnya

Sama pentingnya untuk mencintai diri sendiri, remaja juga harus diarahkan untuk mencintai dan menghormati orang lain. Hubungan suportif dan teman-teman yang menyebarkan aura positif dan bukan hanya atribut fisik, bantu memperkuat gagasan penerimaan diri.

Ketika Anda berbicara dengan anak remaja, jelaskan kepada mereka bahwa tubuh yang sehat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, gak persis seperti yang ditampilkan di televisi atau media sosial.

5. Jadi panutan

Remaja seringkali membutuhkan figur yang bisa ia contoh untuk melakukan sesuatu. Sebagai orang terdekat dari lingkungan keluarga, Anda bisa menjadi panutan bagi mereka.

Jika anak-anak mengamati Anda mempraktikkan nilai-nilai positif, kurang kritis tentang penampilan dan sebaliknya, menghargai pujian non-fisik, dia akan memilih sifat yang benar dan menjadi tubuh yang positif sendiri.

Jika Anda tampil sebagai seseorang yang makan makanan sehat dan lebih positif tentang penampilan, akan lebih mudah bagi remaja untuk melakukan hal yang sama.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menghargai atau memuji anak apa adanya, apa yang mereka lakukan, alih-alih mengamati bentuk atau ukuran mereka. Lelucon tentang penampilan juga harus disingkirkan.

Baca Juga: Selamat Hari Kesehatan Mental, Waktunya Mencintai Diri Sendiri, Beauty! Ini 10 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Baca Juga: Sering Ingkar Janji, Ini 5 Zodiak yang Cuma Pentingkan Dirinya Sendiri! Kamu Termasuk?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya