Menu

Selamat Hari Ibu Nasional, Kenali Sejarah di Baliknya yang Penuh Makna

Noorma Amalia Siregar
22 Desember 2021 12:45 WIB
Selamat Hari Ibu Nasional, Kenali Sejarah di Baliknya yang Penuh Makna

Ilustrasi ibu dan anak memiliki bonding yang kuat. (Freepik/bristekjegor)

HerStory, Medan —

Tepat hari ini tiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Di Indonesia peringatan ini ditandai sebagai tonggak kemerdekaan ibu dan perempuan.

Sejarah lahirnya Hari Ibu bermula dari Kongres Perempuan Indonesia III yang digelar di Bandung pada tanggal 22 Desember 1938. Dengan ditetapkannya Hari Ibu tersebut diharapkan perjuangan para perempuan Indonesia akan selalu dikenang dan dihargai atas jasa-jasanya dalam membantu meraih kemerdekaan RI.

Organisasi perempuan sebenarnya sudah ada sejak tahun 1912. Perjuangan perempuan dipelopori oleh R.A. Kartini, Cut Nyak Dien, Christina Tiahahu, Cut Mutiah, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Rangkayo Rasuna Said, Nyai Achmad Dahlan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemunculan sosok para pejuang perempuan seperti yang sudah disebutkan di atas menjadi semacam cahaya di tengah kegelapan bagi kaum perempuan seluruh Indonesia pada kala itu.

Dengan adanya organisasi perempuan dapat memberi motivasi dan membakar semangat para organisasi perempuan yang tersebar di berbagai wilayah untuk berkumpul dan memperjuangkan nasib kaum perempuan.

Melalui Kongres Perempuan, akhirnya ditetapkan secara resmi bahwa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Hal tersebut tercantum juga dalam keputusan Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden No. 316 th 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional.

Perlu diketahui, perayaan Hari Ibu 22 Desember ini jadi momentum untuk kebangkitan bangsa, memupuk rasa persatuan kesatuan dan gerak perjuangan kaum perempuan dalam beragam sektor pembangunan demi Indonesia maju.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.