Menu

Ngerasa Pusing Saat Pindah Posisi Duduk ke Berdiri, Benarkah Tanda Darah Rendah?

27 Desember 2021 08:00 WIB
Ngerasa Pusing Saat Pindah Posisi Duduk ke Berdiri, Benarkah Tanda Darah Rendah?

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Rembang —

Pernahkan Moms tiba-tiba ngerasa pusing setelah berdiri dari tempat duduk? Jika ya, hal itu bisa jadi kondisi yang tak normal, Moms.

Rasa pusing yang muncul itu disebabkan oleh sebuah kondisi yang disebut hipotensi ortostatik yang dimaknai sebagai penurunan darah mendadak.

Gejala hipotensi ortostastik

Tak hanya merasa pusing atau pening lho Moms, hipotensi ortostatik bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • pandangan berubah kabur
  • merasa lemah
  • pingsan
  • kebingungan
  • mual
  • merasa pening atau pusing setelah berdiri

Gejala yang paling sering muncul yaitu sakit kepala ringan atau pusing ketika berdiri setelah duduk atau berbaring. Gejala ini biasanya berlangsung hanya beberapa menit saja, Moms.

Namun, bisa juga ditemukan gejala hipotensi ortostatik yang tak kunjung reda, seperti pusing jangka panjang dan pingsan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Pasalnya hipotensi ortostatik kronis bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Baca Juga: Eits, Jangan Asal! Ini Posisi Tidur yang Tepat untuk Kamu yang Menderita Darah Rendah, Tiati Bisa Bahaya Lho Beauty!

Baca Juga: Beauty Punya Riwayat Darah Rendah? Ini Penanganan Mandiri yang Bisa Kamu Lakukan, Penting Banget Makan Teratur

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.