Kantor menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu. Lingkungannya sangat umum, membuat siapa saja bisa kerja di sana. Tak terkecuali mantan pacar. Banyak orang yang berada di lingkungan pekerjaan yang sama dengan mantan pacarnya. Banyak yang berhasil, enggak sendiikit juga yang gagal. Untuk mengatasi hal itu, berikut 7 tips untuk bekerja dengan mantan pacar!

1. Jangan Takut Bicara

Salah satu kiat terbaik untuk bekerja dengan mantan adalah mengobrol. Untuk menghilangkan rasa canggung, coba ajak bicara mantan pacarmu dan katakan bahwa meskipun sulit, hubungan antara kalian memang sudah berakhir dan kamu hanya ingin berhubungan dengannya sebagai rekan kerja. Coba untuk membangun sikap positif dan dewasa.

2. Tetap Profesional

Meskipun itu sulit, terutama jika perpisahan itu bukan kemauan kamu, tapi kamu harus tunjukan kedewasaanmu saat hal ini terjadi. Ingatkan dirimu bahwa sekarangan mantan hanyalah rekan kerja. Perlakukan dia seperti rekanmu yang lain di tempat kerja dengan profesional, sopan dan hormat. Perlahan lupakan perasaan pribadi dan coba memandangnya dengan lebih objektif.

3. Fokus pada Pekerjaan

Jangan pikirkan hal lain, pekerjaan yang sedang kamu lakukan itu perlu menjadi fokus utama! Tahan rasa emosi dan berusaha lemparkan itu semua menjadi semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Salurkan energi untuk melakukan apa yang menjadi tugasmu dengan lebih baik.

Ketika pikiran sibuk dengan pekerjaan, kamu enggak punya waktu untuk memikirkan dia. Ingat! Ada banyak orang di luar sana yang ingin bekerja keras menggantikan posisi kamu. Jadi cobalah untuk mengubah masa patah hatimu dengan produktif.

Baca Juga: Habis Putus? Jangan Khawatir! Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjalin Hubungan Baru

4. Diam adalah Emas

Meskipun kamu mungkin ingin mengoceh kepada semua orang mengenai setiap detail dari hubunganmu yang sudah berakhir. Tetap menjaga emosi adalah kuncinya.

Jangan ceritakan masalah dengan rekan kerjamu sekaligus mantan kekasihmu di kantor! Itu bisa menjadi tempat berkembang biaknya gosip. Jika dilakukan, hal itu akan menciptakan lingkungan kerja yang bermusuhan dan enggak friendly.

Curahkan segala keluh kesahmu dengan teman atau anggota keluarga di luar kantor. Hindari juga curhat melalui social media seperti twitter, facebook dan instagram.

5. Coba Ubah Jadwal

Meskipun sangat enggak realistis untuk berharap dapat menghindari dia selama di kantor, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk meminimalkan bertemu dengannya.

Jika kalian memiliki jam makan siang yang sama, coba atur jadwal untuk mengambil yang lebih awal. Penyesuaian kecil, seperti itu dapat membuat perbedaan besar keseharianmu. Minimalkan pertemuan yang canggung.

6. Kejujuran adalah Kebijakan Terbaik

Jujurlah dan realistislah dengan diri sendiri. Ketahuilah bahwa ini akan memakan waktu. Ingat bahwa jalin hubungan dengan mantanmu sama halnya dengan rekan-rekan kerja lain.

Jangan memendam emosi, tetapi jangan memikirkannya juga. Ambil langkah-langkah untuk mengatasi patah hati karena putus cinta tetapi lakukanlah secara deawasa.

Kumpulkan keberanian, tumbuhlah menjadi kuat dan jangan biarkan emosi menguasai diri. Lalui hari-harimu dengan memastikan segala sesuatunya tetap normal, tenang dan profesional.

7. Ketahui Kapan Harus Meminta Bantuan

Terkadang, terlepas dari upaya terbaik yang dilakukan, sebagai manusia sosial kamu tentunya memerlukan bantuan orang lain. Jika orang yang kamu butuhkan adalah mantan, coba minta tolong dengan baik tanpa merendahkan harga dirimu. Jika ia menolak, jangan sungkan untuk melaporkan hal itu kepada atasanmu.

Pernahkah kamu bekerja dengan mantan kekasih? Kiat apa yang kamu manfaatkan ketika bekerja dengan mantan?