Menu

Tanda-tanda Kelenjar Tiroid Bermasalah, Auto Nyesel Kalau Diabaikan!

28 Desember 2021 11:26 WIB
Tanda-tanda Kelenjar Tiroid Bermasalah, Auto Nyesel Kalau Diabaikan!

Ilustrasi kelenjar tiroid bermasalah (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kelenjar tiroid dalam tubuh kita nyatanya bertanggung jawab untuk melepaskan hormon yang mengontrol metabolisme yang mengatur bagaimana tubuh menggunakan energi. Hormon tiroid juga mengatur fungsi vital lainnya seperti pernapasan, berat badan, suhu tubuh, detak jantung, dan fungsi sistem saraf.

Inilah fakta yang kurang diketahui, semakin banyak penelitian yang menunjukkan hipotiroidisme terbuka dan subklinis dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Dan tahu gak Beauty, terkadang tiroid bisa memproduksi hormon tiroid yang bisa mendatangkan malapetaka pada sistem tubuh dengan berbagai cara, lho.

Jika tiroidmu bermasalah, tubuh gak akan membuat hormon tiroid yang cukup, yang dapat memiliki efek yang cukup signifikan pada kadar kolesterol karena beberapa alasan.

Sementara, jika hormon tiroidmu terlalu sedikit, berarti tak cukup pembersihan kolesterol yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol "jahat". Selain itu, hormon tiroid yang rendah dapat menyebabkan penyerapan kolesterol usus yang lebih besar, yang juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Dikutip dari Eat This, Selasa (28/12/2021), data menunjukkan bahwa 1 dari 300 orang di Amerika Serikat hidup dengan hipotiroidisme, dan sebanyak 13 juta orang Amerika memiliki hipotiroidisme yang tak terdiagnosis.

Prevalensi ini meningkat seiring bertambahnya usia, dan kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita. Kamu mungkin memiliki disfungsi tiroid yang belum cukup berkembang untuk diperhatikan oleh dokter, itulah mengapa penting untuk kamu proaktif dan bertanya tentang hipotiroidisme subklinis jika kamu mulai melihat jumlah kolesterolmu meningkat.

Adapun, terdapat beberapa tanda atau gejala yang muncul ketika kelenjar tiroidmu bermasalah. Apa saja?

Halaman: