Menu

Mudah Dideteksi, Ini 8 Ciri Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

29 Desember 2021 14:00 WIB
Mudah Dideteksi, Ini 8 Ciri Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Memeriksa tekanan darah. (Unsplash/Mufid Majnun)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya jika tak segera diobati. Hal ini bisa membuat kamu terkena stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan masalahnya penyakit lainnya.

Namun, masih banyak orang yang tak sadar jika mereka memiliki penyakit tekanan darah tinggi lho. Untuk itu, kamu perlu memahami ciri-ciri hipertensi berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (29/12/2021).

Ciri-ciri Darah Tinggi

Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi biasanya tidak akan mengalami gejala apapun, itulah sebabnya orang sering menyebut hipertensi sebagai “silent killer.”

Namun, begitu tekanan darah mencapai sekitar 180/120 mm Hg, itu menjadi krisis hipertensi, yang merupakan keadaan darurat medis. Pada tahap ini, seseorang mungkin akan mengalami beberapa kondisi seperti berikut:

- Sakit kepala

- Mual

- Muntah

- Pusing

- Penglihatan kabur atau ganda

- Mimisan

- Palpitasi jantung

- Sesak napas

Darah tinggi pada wanita

Faktor hormonal berarti bahwa risiko tekanan darah tinggi mungkin berbeda pada pria dan wanita. Faktor yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada wanita antara lain:

- kehamilan

- haid berhenti

- penggunaan pil KB

Selama kehamilan, tekanan darah tinggi bisa menjadi tanda preeklamsia, suatu kondisi yang berpotensi berbahaya yang dapat mempengaruhi wanita dan bayinya yang belum lahir.