Mesin pengering rambut atau Hair Dryer biasa digunakan oleh wanita maupun pria untuk mengeringkan rambut dengan waktu yang lebih cepat. Namun, beberapa waktu lalu ada pernyataan dari salah satu politis yang mengatakan bahwa hair dryer juga bisa digunakan untuk membunuh virus covid-19.

Mau tau apa akibatnya kalau menggunakan hair dryer tidak sesuai fungsinya? Berikut rangkuman (20/06/2020) HerStory dari berbagai sumber.

Beberapa waktu yang lalu salah satu politisi di Florida, Amerika Serikat membuat pernyataan bahwa mengarahkan mesin pengering rambut atau hair dryer ke hidung kita bisa mencegah virus covid-19 masuk ke dalam tubuh. Tentu saja penyataan itu menjadi perbincangan warganet dan mendapat kecaman dari berbagai pihak. Namun, atas pernyataan nya tersebut politisi itu langsung meminta maaf kepada publik atas pernyataannya itu.

Salah satu dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) di salah satu rumah sakit di Jakarta mengatakan kalau tindakan tersebut sangat berbahaya. Karena kalau kita sengaja mengarahkan pengering rambut ke dalam hidung kita, angin panas yang terkandung bisa membuat suhu pada selaput lendir kita menjadi terganggu.

Dokter spesialis tersebut juga mengatakan kalau tindakan tersebut juga enggak bisa digunakan untuk membunuh virus covid-19, karena 10 hingga 15 liter udara yang kita hirup setiap harinya pasti ada yang mengandung virus covid-19. Meskipun kita sudah menggunakan masker, tetap akan ada virus covid-19 yang lolos ke dalam tubuh kita.

Kemudian, dokter spesialis lainnya juga mengatakan kalau di dalam tubuh manusia sendiri sudah memiliki sistem ketahanan tubuh yang enggak bisa diremehkan fungsinya. Beberapa orang masih sering meremehkan fungsi nya dan malah justru melebih-lebihkannya dengan mengikuti saran dari politisi tersebut yaitu membersihkan hidung dengan mesin pengering rambut.

Baca Juga: Wajib Tahu! Dokter Paru: Happy Hypoxia Hanya Dialami Pasien Covid-19 Bergejala, Tak Terjadi pada OTG

Bahaya juga ya kalau sampai banyak yang percaya. Tetap hati-hati ya, Beauty, jangan mudah menerima pernyataan orang lain sebelum tahu kebenarannya!