Menjaga imunitas tubuh merupakan hal yang sangat penting di tengah masa pandemik ini. Selain sering mencuci tangan setelah beraktifitas, ternyata mencuci hidung juga diperlukan karena hidung merupakan salah satu saluran yang menjadi jalan masuk virus covid-19. Tapi bagaimana sih cara mencuci hidung kita?

Nah, untuk menjawab pertanyaan kalian, HerStory sudah merangkum dari beberapa sumber mengenai hal ini, mari kita pelajari bersama!

Jika kamu ingin mencoba untuk mencuci hidung, maka bahan yang harus kamu gunakan adalah cairan NaCl atau Natrium Klorida bukan dengan garam dapur yang untuk masak ya! Karena kalau kamu menggunakan garam dapur kandungan yodium yang ada pada garam dapur akan merusak selaput lendir di dalam hidungmu.

Untuk menemukan cairan NaCl kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di apotek-apotek terdekat. Kamu bisa membeli cairan NaCl 0,9 persen sebanyak 500 cc dalam kemasan botol infus dengan harga termurah Rp8.000.

Jika kamu rutin menggunakannya, maka dalam sebulan kamu hanya akan menghabiskan sekita Rp60.000 dengan penggunaan cairan pada setiap lubang hidung sebanyak 30 cc, digunakan dua kali dalam satu hari maka dalam sebulan hanya membutuhkan 120 cc atau sebanyak 6 botol selama satu bulan.

Selain cairan natirum klorida, kamu juga membutuhkan alat bernama spuit yang berukuran 10 cc. untuk mendapatkan alat ini kamu harus memiliki resep dari dokter ya, setelah mendapatkannya kamu bisa mengambilnya di puskesmas terdekat.

Apabila kamu membersihkan hidung sebelum tidur maka dijamin tidur kamu akan terasa lebih nyaman karena hidung kita terasa lebih lega.

Berikut langkah-langkah mencuci hidung dengan NaCl

  1. Ambil cairan NaCl dengan spuit
  2. Miringkan kepalamu lalu masukkan spuit yang berisi NaCl ke dalam lubang hidungmu
  3. Buka mulut kemudian tahan nafas
  4. Semprotkan cairan NaCl tersebut ke dalam hidung dengan kuat
  5. Keluarkan cairan yang ada di dalam hidung, bersihkan dengan tisu atau handuk kering
  6. Lakukan langkah tersebut pada lubang hidung lainnya.

Selamat mencoba, Beauty! Semoga kesehatanmu tetap terjaga ya!