Menu

5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

05 Januari 2020 09:40 WIB
5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

Ragam buah untuk masker wajah (Pinterest/The Complete Herbal Guide)

HerStory, Jakarta —

Kulit kering menjadi salah satu masalah yang dialami oleh sebagian wanita, apalagi jika terjadi pada wajah. Kulit kering atau xerosis adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan laping luar kulit.

Tak hanya kekurangan cairan, kondisi cuaca yang dingin dan kurangnya kelembapan di udara juga menjadi penyebab kulit menjadi kering.

Eits! Beauty enggak perlu khawatir dengan kulit kering yang tengah kamu alami. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya dengan cara menggunakan masker alami dari buah-buahan yang dapat kamu olah sendiri di rumah. Buah-buahan kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit.

Beauty penasaran buah apa saja yang dapat dijadikan masker? Melansir dari laman Boldsky, berikut lima di antaranya:

Masker Pisang

Pisang menjadi pilihan yang tepat untuk mengusir kulit kering. Pisang kaya akan potassium, mineral yang baik untuk melembapkan kulit. Selain itu, didalamnya juga terdapat kandungan vitamin E yang tidak hanya melembapkan, juga mencegah kulit dari kerusakan akibat Sinar UV.

Cara membuat masker pisang cukup mudah, siapkan satu buah pisang yang telah masak dan satu sendok teh minyak kelapa. Haluskan pisang dengan cara ditumbuk di dalam mangkuk dan tambahkan minyak kelapa yang telah disediakan, kemudian aduk hingga rata.

Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 5-10 menit hingga kering. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk lembut wajahmu. Lakukan perawatan ini sedikitnya dua kali dalam seminggu.

Masker Apel

Selanjutnya ialah Apel, Apel kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mengenyalkan kulit sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk membuat masker apel, tambahkan madu di dalamnya. Madu memiliki sifat emolien kuat yang dapat menjaga kunyit agar tetap kenyal dan lembap.

Siapkan satu sendok makan apel yang telah diparut yang dipadukan dengan satu sendok teh madu. Aduk rata, kemudian oleskan pada wajah hingga leher. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil lebih baik, beauty dapat melakukannya secara rutin selama dua kali dalam seminggu.

Masker Anggur

Anggur juga dapat dijadikan masker alami untuk wajah dengan kulit kering. Anggur kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan tekstur dan mengencangkan kulit. Sementara kandungan vitamin E-nya dapat melindungi kulit dari kerusakan dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

Untuk membuatnya, Beauty dapat menyiapkan segenggam buah anggur dan satu sendok teh minyak zaitun. Minyak zaitun yang ditambahkan ke dalam mangkuk dengan anggur yang sudah ditumbuk, membuat masker ini lebih efisien untuk menjaga kekeringan.

Aduk rata anggur yang telah ditumbuk dengan minyak ziatun. Oleskan pada wajah dan tunggu selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini sebulan sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Masker Stroberi

Selain sebagai sumber yang kaya akan vitamin C, kandungan asam ellagic di dalamnya dapat membuat kulit menjadi lembut, kenyal dan terhidrasi. Siapkan 3-4 stroberi yang telah masak dan satu sendok teh madu. Hancurkan stroberi menggunakan garpu dan tambahkan madu kemudian aduk rata.

Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas. Lakukan perawatan rutin ini dua kali dalam seminggu.

Masker Jeruk

Terakhir adalah Jeruk, kandungan vitam E dan C berfungsi untuk menyehatkan dan melembabkan kulit. Sementara itu, asam sitrat yang terkandung di dalamnya dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga menyingkirkan kulit kering.

Sediakan satu sendok teh jus jeruk dan campurkan dengan dua sendok teh gel lidah buaya. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah, biarkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih. Ulangi perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

Mudah banget kan Beauty? Selamat mencoba!

Baca Juga: Bingung Mau Ngapain Lagi Saat WFH? Yuk Coba Maskeran dengan 6 Bahan Alami Ini, Dijamin Berkhasiat Deh!

Baca Juga: Atasi Kulit Kering dengan 5 Masker Buah Alami Ini, Perawatan Akhir Pekan yang Super Murah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.