Menu

Kenali Golongan Darah Emas, Sangat Langka dan Berbahaya!

03 Januari 2022 10:45 WIB
Kenali Golongan Darah Emas, Sangat Langka dan Berbahaya!

Ilustrasi golongan darah O. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Golongan darah biasanya diklasifikasikan ke dalam sistem ABO yang terbagi menjadi empat tipe yaitu A, B, O, dan AB. Ternyata, selain yang empat itu masih ada yang lain yaitu golongan darah emas, lho.

Beauty, apakah kamu pernah mendengar soal golden blood atau golongan darah emas? Golongan darah ini merupakan tipe terlangka di dunia sebab hanya dimiliki oleh 43 orang selama 50 tahun terakhir.

Selain langka, golongan darah ini juga berbahaya. Hal tersebut terjadi sebab sulit menemukan tipe darah yang sesuai saat butuh transfusi darah.

Golongan darah emas merupakan kondisi di mana sel darah merah tak memiliki antigen pada umumnya. Akibatnya, ia akan punya Rh-null atau tak memiliki antigen Rh.

Hal tersebut menyebabkan pemilik golongan darah emas sulit mendapatkan transfusi darah. Oleh karena itu, sesama golongan darah Rh-null ini didorong untuk melakukan donor darah.

Pasalnya tak boleh sembarangan melakukan transfusi darah jika tak cocok. Jika pemilik golongan darah emas diberikan darah O negatif, maka dapat memberikan reaksi imun yang parah.

Baca Juga: Bukan AB atau A, Ternyata Ini 5 Jenis Golongan Darah Langka di Seluruh Dunia

Baca Juga: Saking Langkanya, Golongan Darah Ini Dijuluki 'Golden Blood' Tapi Bisa Sebabkan Kematian, Kenapa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.