Saat remaja tentu kita sering menemui masalah-masalah yang berhubungan dengan wajah kita. Mulai dari jerawat, komedo, wajah berminyak dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dengan adanya skincare kita harus mulai rutin menggunakannya untuk menjaga kelembapan kulit wajah kita ya!

Biasanya masalah-masalah pada wajah ketika masa remaja diakibatkan oleh peristiwa hormonal yang akhirnya membuat pelebaran kelenjar minyak sehingga membuat wajah kita menjadi mudah berminyak dan berkomedo. Dilansir dari berbagai sumber (23/06/2020) berikut langkah-langkah skincare membuat kulit wajah kita lebih cerah dan sehat!

Membersihkan Wajah dengan Berhati-hati

Jika kamu memiliki wajah berminyak maka kamu akan membutuhkan produk pembersih busa atau gel sebagai langkah dasar membersihkan wajah. Gunakan sebanyak satu kali dalam satu hari jika kulitmu sedang, sangat atau bahkan kotor setiap hari.

Baca Juga: Ternyata Penggunaan Masker Kain Hanya Bisa Digunakan Selama 4 Jam, Kalau Lebih Bisa Menimbulkan Hal-Hal Berikut Ini!

Baca Juga: Wadaw! Nggak Perlu Dandan, Wanita dengan 5 Zodiak ini Dipercaya bisa Memancarkan Kecantikan Alaminya Lho, Kamu Termasuk Nggak?

Kalau kamu habis beraktifitas yang mengharuskan kamu menggunakan riasan, akan lebih baik kalau kamu membersihkan terlebih dahulu riasan di wajahmu atau kamu ingin berolahraga lebih baik kamu mencuci mukamu dahulu ya! Lalu untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering lebih baik kalau kamu menggunakan skincare yang memiliki kandungan susu.

Membersihkan Makeup sebelum Pergi Tidur

Sebelum pergi istirahat atau tidur lebih baik kamu menghapus dulu riasan di wajah kamu. Karena kalau kamu lupa atau dengan sengaja enggak membersihkan riasan wajah maka hal itu akan membuat wajah mu rusak dan berjerawat atau bahkan bisa menyebabkan akibat yang lebih fatal seperti terkena dermatitis perioral atau periokular.

Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Untuk mengontrol minyak berlebih di wajah maka kamu harus melewati tiga langkah yaitu memilih produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, menggunakan produk skincare primer bebas dari minyak dan sering-sering menghapus minyak di wajah menggunakan tissue pada siang hari.

Eksfoliasi

Melakukan hal ini hanya diperlukan sebanyak satu sampai dua kali dalam satu minggu menggunakan produk wajah yang lembut. Perhatikan bagian wajah yang berjerawat agar enggak terkena ketika kamu melakukan eksfoliasi.

Baca Juga: Waduh! Ternyata untuk Mengobati Bekas Jerawat Merah dan Hitam Memiliki Bahan yang Berbeda, Apa Saja Ya Kira-Kira?

Baca Juga: Miris! Seorang Wanita Menggunakan Steroid Berlebihan untuk Mengobati Eczema, Wajahnya Malah Hancur!

Menggunakan Produk yang Cocok dengan Wajahmu

Kamu memiliki masalah dengan jerawat? Coba deh lakukan langkah-langkah ini, mencuci muka, menggunakan produk mengandung toner serta mengoleskan produk gel untuk jerawat sebagai pusat treatmentmu.

Dilarang Berbagi Makeup dengan Orang Lain

Untuk kamu yang suka meminjamkan alat makeup mu kepada teman-temanmu mulai sekaang harus dihentikan ya, apalagi alat makeup yang khusus untuk mata dan bibir karena kalau kamu meminjamkan alat makeup mu kepada teman sama saja kalian saling berbagi kuman dan bakteri.

Menjaga Kebersihan Tangan

Cara ampuh untuk tetap menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari berbagai jenis bakteri dan kuman. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas agar kesehatan kulitmu terus terjaga!

Selamat mencoba ya Beauty! Agar cantikmu terus terjaga setiap waktu.